Real Madrid Menuju Liga Europa

LIGAPEDIA – Real Madrid terancam terjun ke Liga Europa. Hal itu terjadi usai Los Blancos dihajar Shakhtar Donetsk 0-2 di Liga Champions.

Madrid menghadapi Donetsk di Stadion NSK Olympiyskiy, Kiev, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Hasil mengejutkan didapat pasukan Zinedine Zidane.

Toni Kroos dkk kalah 0-2, usai gawang Thibaut Courtois dibobol dua kali, masing-masing oleh Dentinho dan Manor Solomon.

Kekalahan itu menjadi yang kedua ditelan Madrid di Liga Champions musim ini. Menariknya, dua-duanya berasal dari Shakhtar, di mana Madrid juga kalah 2-3 saat bermain di Santiago Bernabeu.

Kekalahan dari Shakhtar membuat Madrid tertahan di peringkat tiga klasemen Grup B dengan 7 poin. Wakil LaLiga itu di bawah Borussia Moenchengladbach (8) dan Shakhtar (7), di mana wakil Ukraina itu unggul head-to-head atas Madrid. Madrid cuma berada di atas Inter Milan, yang baru mengoleksi 5 poin.

Madrid pun terancam terjun ke Liga Europa, andai gagal ke babak 16 besar musim ini. Catatan itu jelas memalukan, sebab Madrid notabenya tim tersukses di Liga Champions dengan torehan 13 gelar, dan belum pernah terjun ke kasta kedua itu.

Madrid sendiri harus memenangkan pertandingan terakhir agar bisa lolos ke fase knock out. Di matchday keenam, Madrid akan menjamu Gladbach di Bernabeu, 10 Desember mendatang.

Kans Madrid memenangkan laga sendiri cukup sulit. Sebab, Marcus Thuram dkk sempat meredam sang lawan di kandangnya, dengan skor 2-2.

Selain itu, performa Madrid belakangan juga menurun. Dari lima laga terakhirnya di semua kompetisi, juara bertahan Liga Spanyol itu cuma mengemas sekali kemenangan, dengan sisanya tiga kali kalah dan sekali imbang.

SUMBER: Detik.com