Quartararo Lagi Pede Banget, Bisa Rajai MotoGP Spanyol Lagi?

LIGAPEDIA – Fabio Quartararo sedang diselimuti kepercayaan diri yang tinggi jelang MotoGP Spanyol 2021. Quartararo akan berharap momentumnya berlanjut di akhir pekan ini.

Pebalap tim pabrikan Yamaha itu layak semringah setelah mengantongi dua kemenangan beruntun di MotoGP Doha dan Portugal. Bahkan pada balapan terakhir yang disebut, Quartararo memenanginya dengan nyaman.

Di Portimao, Quartararo mendominasi dengan menjadi yang tercepat di latihan bebas kombinasi, lalu meraih pole position di sesi kualifikasi. Pebalap Prancis itu kemudian memenangi balapan dengan selisih nyaris lima detik dari rival terdekatnya Pecco Bagnaia (Ducati).

Alhasil Fabio Quartararo kini memuncaki klasemen sementara MotoGP 2021 setelah mengoleksi 61 poin. Mantan rider Petronas SRT ini unggul 15 poin dari Bagnaia (2), dan 20 poin dari rekan setimnya Maverick Vinales (3).

Ada peluang Quartararo untuk mempertahankan keunggulannya itu setelah akhir pekan ini karena Sirkuit Jerez bersahabat bagi dia. Pada tahun lalu, Quartararo sukses di sana dengan memenangi dua balapan sekaligus: MotoGP Spanyol dan Andalusia.

Yamaha rider Fabio Quartararo of France holds the trophy after winning the MotoGP race during the Andalucia Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday July 26, 2020. (AP Photo/David Clares)

Sekali lagi, pebalap berusia 22 tahun itu akan difavoritkan menjadi pemenang di Jerez. “Aku senang sekali akan balapan di Jerez pada akhir pekan ini,” kata dia di Tuttomotoriweb. “Kami memulai GP ini dengan kepercayaan diri yang besar.”

“Tahun lalu aku memenangi dua balapan di sini. Tahun ini, di sisi lain, aku tiba di sini setelah memenangi dua balapan. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi di MotoGP, tapi saat ini aku merasa baik, jadi kami akan melakukan yang terbaik lagi,” ucap Quartararo menjelang MotoGP Spanyol.