Quartararo-Bagnaia Prediksi Marc Marquez Bakal Mengancam di Jerez

LIGAPEDIA – Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, dan rider Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, menyatakan bahwa hasil finis ketujuh yang diraih Marc Marquez dalam MotoGP Portimao, Portugal, Minggu (18/4/2021) lalu adalah hasil yang patut diacungi jempol dan tanda valid rider Repsol Honda itu telah benar-benar ‘kembali’.

Seperti diketahui, usai sembilan bulan dirundung cedera patah tulang humerus kanan dan melewati tiga operasi, Marquez akhirnya kembali berkompetisi di Portimao. Kondisi fisiknya memang belum 100% bugar, namun delapan kali juara dunia ini mampu menduduki posisi 6 dalam sesi kualifikasi dan finis di posisi 7 dalam balapan.

Performa Marquez ini pun mendapatkan pujian dari para rivalnya. Pasalnya, rider berusia 28 tahun ini belum pernah balapan lagi sejak terjatuh di MotoGP Spanyol pada Juli 2020, dan baru tiga kali latihan motor hanya beberapa pekan sebelum turun di Portimao. Alhasil, ia butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan persaingan di trek.

Marquez Kini Sudah Kembali Pahami Sensasi Balapan

Marquez Kini Sudah Kembali Pahami Sensasi Balapan

Marquez sendiri mengaku bahwa dirinya tak merasa nyaman berkendara dalam balapan yang berdurasi 25 lap itu. Lengannya sempat kesakitan pada beberapa lap terakhir, hingga ia hanya main aman dan berusaha finis. Meski begitu, ia finis ‘hanya’ 13 detik di belakang Quartararo, yang memenangi balapan tersebut.

Quartararo sudah menduga Marquez langsung tampil oke. Ia pun jadi yakin Marquez bisa lebih baik lagi di MotoGP Jerez, Spanyol, 30 April-2 Mei nanti. “Saya sudah mengiranya. Ia finis lebih dari 10 detik dari saya, tapi ia tak pernah menjalani 25 lap beruntun sebelumnya dan trek ini paling menuntut fisik,” ujarnya via Crash.net usai balap.

El Diablo juga yakin Marquez akan terbantu fakta bahwa Jerez merupakan trek yang bersahabat dengannya. “Kini ia sudah tahu sensasi berkendara dalam balapan di trek yang sulit, dan kini ia akan kembali ke trek yang ia kenal dengan baik seperti Jerez. Ia juga menjalani kualifikasi yang impresif. Jadi, ia sudah ‘kembali’,” ungkapnya.

Yakin Marquez Kembali ke Papan Atas di Jerez

Yakin Marquez Kembali ke Papan Atas di Jerez

Komentar senada pun disampaikan Bagnaia lewat Speedweek, Kamis (22/4/2021). Rider yang akrab disapa ‘Pecco’ ini dapat memaklumi bahwa fisik Marquez masih harus beradaptasi ulang dengan motor MotoGP. Namun, ia yakin rider Spanyol itu akan tampil lebih baik di Jerez nanti.

“Marc takkan kembali jika kondisinya belum 100%. Secara fisik, saya rasa ia sudah kembali ke kondisi terbaik. Tentu mengendarai motor MotoGP selalu punya kisah berbeda, apalagi 25 lap beruntun sangatlah sulit. Namun, ia jelas telah meraih hasil yang sudah saya duga. Saya pun yakin ia akan kembali ke papan atas di Jerez nanti,” tutupnya.

Quartararo dan Bagnaia saat ini masing-masing tengah duduk di peringkat 1 dan 2 pada klasemen pembalap dengan 61 dan 46 poin. Marquez sendiri berada di peringkat 11 dengan koleksi sembilan poin.