Peluang Banyak, Belanda Cuma Menang 2-0? Sukar Dipercaya

LIGAPEDIA – Timnas Belanda harus susah payah untuk mengalahkan Latvia dengan skor 2-0. Padahal De Oranje harusnya bisa menang lebih besar jika melihat peluang yang ada. Setelah kekalahan dari Turki dengan skor 2-4 di laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup J, Belanda butuh kemenangan saat menjamu Latvia di Johan Cruyff ArenA, Minggu (28/3/2021) dini hari WIB.

Mengingat lawannya bukan tim yang selevel, Belanda bermain agresif sejak menit awal dan melepaskan banyak peluang. Sayangnya, Belanda cuma unggul 1-0 lewat gol Steven Berghuis di menit ke-32. Pada babak kedua, Belanda juga masih kesulitan menciptakan peluang untuk menambah gol. Barulah di menit ke-69, Luuk de Jong menaklukkan kiper Latvia lewat sundulannya. Ini adalah gol perdana De Jong untuk Belanda setelah terakhir mencetaknya pada 2016. Belanda memang meraih tiga poin dan kepercayaan diri para pemain otomatis meningkat, tapi masih ada kekecewaan di balik itu.

Menurut Berghuis, Belanda terlalu banyak membuang peluang di laga ini. Sebab Belanda secara statistik UEFA punya total 35 attempts! Dari attempts sebanyak itu, cuma sembilan yang on target. Apalagi di babak pertama, Belanda punya dua peluang emas dari De Jong dan Davy Klaassen yang semuanya menerpa mistar.

“Sukar dipercaya, kami cuma unggul 1-0 setelah babak pertama,” ujar Berghuis seperti dikutip AP. “Saya sangat bangga dengan ini dan senang. Anda kerja keras untuk mendapatkan ini. Saya ingin jadi bagian penting Oranje,” sambung Steven Berghuis yang kini membela Feyenord. Berghuis juga menjadikan ini sebagai gol pertamanya dari 23 kali penampilan bareng Timnas Belanda.

SUMBER: Detik.com