MotoGP Thailand 2021 Terancam Batal, Bagaimana Peluang Indonesia?

LIGAPEDIA – Seri Thailand di MotoGP 2021 terancam batal digelar. Hal ini membuka jalan bagi Sirkuit Mandalika masuk sebagai pengganti.

Dilaporkan Sky Sport Italia, MotoGP Indonesia menjadi opsi yang paling memungkinkan. Selain menjadi satu-satu sirkuit cadangan saat ini, lokasinya juga tak jauh dari Thailand.

Selain itu, jadwal sementara MotoGP Thailand juga berdekatan dengan seri lain yang juga digelar di kawasan Asia Pasifik, seperti MotoGP Jepang, Malaysia, dan Australia.

Oleh sebab itu, jika MotoGP Thailand dihapus, maka MotoGP Indonesia dirasa tepat untuk masuk mengisi kekosongan itu.

Meski begitu, Dorna Sports sendiri sudah pernah mengumumkan bahwa MotoGP Indonesia baru bisa digelar tahun ini jika dua syarat terpenuhi. Pertama, ada balapan lain yang batal digelar.

Kedua dan yang terpenting, yakni Sirkuit Mandalika sudah selesai dibangun dan lolos homologasi. Syarat terakhir sejauh ini belum aman karena masih harus dikebut pengerjaannya.

Sebelumnya, diberitakan bahwa MotoGP Thailand yang seharusnya digelar pada 10 Oktober 2021 di Sirkuit Buriram akan ditiadakan, menyusul situasi dunia yang belum aman dari pandemi COVID-19.

Pemerintah Thailand sepakat menunda kontrak penyelenggaraan MotoGP pada Selasa (2/2/2021) lalu. Negeri Gajah Putih itu memilih mundur dari MotoGP 2021 dan menggeser kontraknya bersama Dorna selama lima tahun pada 2022-2026.

Pihak Dorna sendiri belum secara resmi mengkonfirmasi pembatalan MotoGP Thailand 2021. Operator MotoGP itu diklaim ingin ‘menegaskan kembali komitmen perusahaan untuk penyelenggaraan balapan tersebut’.

SUMBER: Detik.com