MotoGP Qatar: Duet Maut Vinales dan Quartararo

LIGAPEDIA – Maverick Vinales memenangi MotoGP Qatar. Dia sungguh senang karena kerja sama dengan rekannya, Fabio Quartararo berbuah manis. Maverick Vinales start dari posisi tiga di sirkuit Losail, Senin (29/3/2021) dini hari WIB pada MotoGP Qatar sebagai balapan pembuka MotoGP 2021. Sayangnya, Vinales sempat turun ke posisi lima memasuki tikungan pertama.

Pelan-pelan Vinales terus melaju dan akhirnya menyodok ke urutan terdepan pada putaran ke-15. Semenjak itu, Vinales terus memimpin. Vinales akhirnya menjadi kampiun di MotoGP Qatar. Di belakangnya dalam posisi 10 besar, berturut-turut diisi oleh Johann Zarco, Francesco Bagnaia, Joan Mir, Fabio Quartararo, Alex Rins, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Jack Miller, dan Enea Bastianini.

DOHA, QATAR - MARCH 28: Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates the victory on the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Salah satu rahasia Maverick Vinales bisa terus memimpin dan meninggalkan pesaing terdekatnya adalah kerja sama apik dengan rekan setim dari Monster Energi Yamaha, Fabio Quartararo. Vinales mengaku, Quartararo membantunya untuk menutup jarak dengan pembalap lain terutama Francesco Bagnaia dari tim Ducati.

“Quartararo menutup jarak dan saya berusaha menghemat ban sebanyak mungkin, terutama ban belakang,” kata Vinales seperti dilansir dari Crash. “Dengan slipstream dari Quartararo, kami menutup celah. Jadi saya tidak mengambil terlalu banyak risiko, hanya ketika saya melihat kesempatan datang barulah saya melaju kencang,” tambahnya.

Degradasi ban memang berdampak besar bagi rider di sirkuit Losail. Oleh sebab itu, Maverick Vinales terus sabar dan Fabio Quartararo dengan tepat mampu menutup jarak. “Di enam atau tujuh lap, saya pikir kami berhasil cukup baik untuk bermain cepat dan bahkan kami juga menyalip sangat cepat. Setelah itu, saya hanya mencoba mengatur ban,” terang Vinales. “Kami bekerja sama dengan sangat baik. Kami akan terus mencoba strategi baru,” tutupnya.

DOHA, QATAR - MARCH 27: Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on March 27, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)

SUMBER: Detik.com