Marc Marquez: Level Performa di Jerez Tergantung Kebugaran Lengan

LIGAPEDIA – Meski bikin orang kagum usai finis ketujuh di MotoGP Portimao, Portugal, akhir pekan lalu, Marc Marquez kembali merendah dalam mempersiapkan diri menjelang Seri Jerez, Spanyol, pada 30 April-2 Mei mendatang. Dalam wawancaranya dengan Box Repsol pada Rabu (21/4/2021), Marquez mengaku tak mematok target apa pun.

Usai dirundung cedera patah tulang humerus kanan selama sembilan bulan, Marquez akhirnya berkompetisi di MotoGP, dimulai dari Portimao. Start dari posisi keenam, rider Repsol Honda ini finis ketujuh. Di atas kertas, hasil ini tak terlalu mentereng, namun tentu perjuangan Marquez untuk finis dalam kondisi kesakitan perlu diacungi jempol.

Banyak orang memprediksi bahwa hasil Marquez akan lebih baik di Jerez, namun Marquez yakin fisiknya masih akan jadi penghalang. ia tak memungkiri mungkin Jerez akan sedikit membantunya tampil baik berkat data-data yang dikumpulkan timnya selama bertahun-tahun, namun semua tetap tergantung kondisi lengannya.

Tergantung Lengan dan Tergantung Setup Motor

Tergantung Lengan dan Tergantung Setup Motor

“Kebugaran saya masih akan jadi kendala, namun Jerez akan sedikit lebih mudah, setidaknya untuk memulai musim ini. Pasalnya, kru saya tak punya referensi di Portimao, dan saya tak pernah berkendara di sana pakai motor ini,” ungkap delapan kali juara dunia ini, yang menghadiri wawancara tersebut dengan Pol Espargaro.

“Di Jerez, kami tentu punya banyak referensi, karena kami sudah balapan di sana bertahun-tahun. Tapi secara logis, untuk melaju cepat, semua sangat tergantung kemajuan kondisi lengan saya. Ini juga tergantung pada cara kami mengadaptasikan motor kami dengan gaya balap saya,” lanjut Marquez.

Pembalap Spanyol ini juga menyatakan kondisi fisiknya secara umum takkan ideal, karena sepulang dari Portimao, ia masih dilarang untuk latihan motor apa pun, baik flat track, motocross, maupun minibike. Alhasil, ia hanya bisa latihan sepeda, gym, dan kardio. Latihan ini tentunya tak cukup untuk mempersiapkan diri menjelang Jerez.

Latihan di Gym pun Dilarang Berat

“Saya adalah rider yang suka latihan di rumah, terutama jika latihan naik motor, karena ini adalah cara untuk mencari kemajuan diri. Pembalap motor butuh latihan di atas motor, namun saat ini saya belum bisa,” ungkap pembalap yang juga kakak rider LCR Honda Castrol, Alex Marquez, ini.

“Kami harus menjalani balapan demi balapan, dan saat di rumah saya hanya punya waktu tiga hari untuk santai. Setelahnya saya akan punya tiga hari untuk latihan ringan di gym agar tetap bugar, namun tanpa menambah beban berlebihan, karena dokter merekomendasikan semua ditingkatkan secara bertahap saja,” tutupnya.

Saat ini, Marquez tengah duduk di peringkat 13 pada klasemen pembalap dengan koleksi sembilan poin, tertinggal dua poin saja dari Espargaro yang ada di peringkat 13.