Marc Marquez, Kejutan di Awal MotoGP 2021 Menurut Capirossi

LIGAPEDIA – Di MotoGP 2021, Loris Capirossi tidak terlalu kaget dengan persaingannya. Kejutan justru datang dari Marc Marquez yang kembali membalap usai absen panjang.

Tiga seri awal MotoGP musim ini sudah menghadirkan banyak kisah. Antara lain dominasi Yamaha yang tim pabrikannya menyapu bersih podium teratas sejauh ini — dua lewat Fabio Quartararo dan satu melalui Maverick Vinales.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Johann Zarco (Ducati Pramac Racing) juga mampu merangsek ke papan atas klasemen sementara berkat hasil-hasil yang menempatkan mereka ke atas podium.

Sementara itu juara bertahan Joan Mir (Suzuki Ecstar) baru mampu naik podium di seri ketiga MotoGP 2021, MotoGP Portugal, itu pun berupa podium paling bawah alias finis ketiga.

Rookie Jorge Martin (Ducati Pramac Racing) juga jadi salah satu yang jadi pembicaraan setelah berhasil finis ketiga pada seri kedua, tapi absen pada seri ketiga akibat crash dalam sesi latihan.

“Well, aku harus katakan bahwa persaingan gelar juara dunia musim ini sangat berimbang. Tak ada satu rider yang secara khusus membuatku terkejut,” kata Capirossi seperti dilansir MowMag.com.

“Tapi kejutan terbesarnya adalah saat melihat Marc Marquez kembali ke lintasan,” tambahnya, merujuk pada momen comeback si rider andalan Repsol Honda di seri ketiga MotoGP 2021 setelah absen balapan sekitar 9 bulan.

Dalam balapan pertamanya setelah absen panjang akibat beberapa kali naik meja operasi dan pemulihan kondisi, Marc Marquez langsung mampu finis ketujuh di Portugal. Hal itu yang turut bikin Capirossi, salah satu legenda balap grand prix, merasa kaget.

“Saat ia berada di rumah, aku sering ngobrol dengannya untuk menanyakan kondisi. Aku harus jujur bilang bahwa usai melihat jalannya latihan, aku menduga ia akan kesulitan. Ternyata ia malah tampil amat baik. Dengan baik ia mampu menjalani fakta tidak bisa ada di posisi terdepan seperti biasa dan finis dengan baik.”

“Aku pikir kondisinya masih jauh dari ideal, tapi menurutku dalam waktu dekat kita akan kembali melihat Marc Marquez yang sebenarnya,” tutur Loris Capirossi.