Lorenzo: Quartararo Sempurna, Marquez dari Planet Lain

LIGAPEDIA – Fabio Quartararo dan Marc Marquez menyedot perhatian di MotoGP Portugal. Mantan bintang MotoGP Jorge Lorenzo mengomentari performa kedua pebalap itu.

Quartararo mendominasi sepanjang pekan MotoGP Portugal 2021. Pebalap Yamaha itu tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan, lalu meraih pole position.

Saat balapan Minggu (18/4), Quartararo mengonversi keunggulannya tersebut untuk menang sekalipun menghadapi sejumlah tekanan, terutama dari Alex Rins. Namun, usai Rins jatuh di putaran-putaran terakhir Quartararo di atas angin untuk melintasi garis finis pertama dengan keunggulan nyaris lima detik dari rival terdekatnya, Pecco Bagnaia (Ducati).

“Quartararo kemarin menjadi ‘Tuan Sempurna’, sebut Lorenzo dikutip Speedweek. “Aku sudah menduganya pada Hari Kamis. Dia secara konsisten kencang di empat latihan bebas. Dia juga dalam kondisi fisik yang sangat bagus.”

“Penampilan dia hebat sekali dan itulah mengapa dia menjadi favorit saya untuk gelar juara dunia kalau dia bisa membangun momentum positif sebelum Marc Marquez kembali 100 persen.”

Di sisi lain, Marquez menandai comeback-nya usai absen balapan selama setahun dengan finis ketujuh, berjarak 13,2 detik dari Quartararo. Juara dunia delapan kali itu begitu emosional setelah menuntaskan balapan.

Meskipun belum mencapai performa seperti sebelumnya, Marc Marquez dipuji. Lorenzo bahkan meyakini, rider Repsol Honda itu akan kembali dominan sekalinya kebugarannya kembali.

“Dia itu dari planet lain. Dia mengingatkanku akan bintang motor trial Toni Bou. Aku yakin dia akan kembali kondisinya pada 2019 dan aku juga yakin dia akan memenangi balapan lagi. Aku menantikan duel-duel di antara dia dan Fabio,” Jorge Lorenzo menambahkan.