Lorenzo: Marquez Kehilangan Kepercayaan Diri di MotoGP Spanyol

LIGAPEDIA – Rider Repsol Honda Marc Marquez tidak menjalani MotoGP Spanyol 2021 bersama dengan mulus. Jorge Lorenzo meyakini, Marquez kehilangan kepercayaan diri usai crash.

Comeback Marquez berlanjut di Jerez terhadap akhir pekan lalu. Itu adalah balapan keduanya di musim ini sesudah menuntaskan seri Portugal bersama dengan finis ketujuh.

Di MotoGP Spanyol, pebalap berusia 28 tahun itu terhadap mulanya melakoni dua latihan bebas pertama bersama dengan lancar. Namun, di sesi akhir latihan bebas ketiga Marquez mengalami kecelakaan lumayan hebat yang sebabkan dia terlempar sehingga menabrak pagar pembatas. Motornya pun rusak.

Kondisi Marquez sempat dikhawatirkan lantaran belum lama pulih dari kecelakaan horor, terhitung di Jerez tahun lalu, yang memaksa dia absen benar-benar panjang. Namun, untungnya, juara dunia delapan kali itu tidak cedera serius.

Pada prosesnya, Marquez gagal menembus Q2 di sesi kualifikasi sehingga perlu puas start dari posisi 14. Sialnya lagi, dia lagi-lagi jatuh di sesi pemanasan lantas finis kesembilan di balapan bersama dengan jarak lebih dari 10 detik dari pemenang Jack Miller.

“Marquez memulai akhir pekan bersama dengan baik, tapi kecelakaan yang dialami sebabkan dia kehilangan rasa percaya diri,” ucap juara dunia MotoGP tiga kali itu di saluran YouTube-nya 99 Seconds, yang dikutip Tuttomotoriweb.

“Itu adalah insiden selip yang mampu saja mendatangkan konsekuensi yang lebih serius. Tapi untungnya, dia lolos bersama dengan cuma menderita sakit leher saja. Honda seolah-olah mengonfirmasi bahwa motornya memberi tambahan sedikit kepercayaan diri terhadap penunggangnya,” imbuh Lorenzo.

MotoGP Spanyol 2021 bukan balapan yang oke buat Honda. Tim Jepang itu cuma menempatkan Takaaki Nakagami sebagai rider terbaik usai finis keempat. Rekan setimnya, Alex Marquez telah out sejak putaran pertama sedang Pol Espargaro yang menunggangi motor pabrikan finis kesepuluh.