Kata Lorenzo, Marc Marquez Akan ‘Beda’ Seusai Pulih dari Cedera

LIGAPEDIA – Marc Marquez diyakini akan kesulitan bersaing setelah mengalami cedera parah tahun lalu. Jorge Lorenzo, eks rekannya di Repsol Honda, berpendapat seperti itu.

Pemikiran Lorenzo itu hadir dari pengalamannya sendiri, yang akhirnya pensiun seusai MotoGP 2019 karena tak mampu tampil fit seusai mengalami rangkaian cedera serius. Di musim itu, ia malah tak sekalipun finis di posisi 10 besar, padahal ia dulunya juara dunia.

Cedera tulang belakang sewaktu sesi latihan MotoGP Belanda 2019 membuatnya merasa tak mampu lagi tampil maksimal. Dan Lorenzo berpikir mungkin saja Marquez akan mengalami hal serupa.

Apalagi jika Marquez tampil buruk seusai comeback, bisa-bisa mentalnya untuk bersaing jadi terganggu.

“Mungkin saja saya salah, tapi dari pengalaman saya, dia akan kesulitan (saat comeback). Saya tak tahu apakah lengannya akan pulih 100 persen seperti sebelum jatuh dulu. Saya dan fans MotoGP pasti berharap dia pulih total,” kata Lorenzo, dikutip Speedweek.

“Masih harus dilihat bagaimana fisik dan mentalnya seusai comeback. Karena akan susah jika kamu harus beristirahat lama tanpa bisa berlatih, meski hanya di gym.”

“Setiap cedera parah akan mempengaruhi psikis seseorang dan membuatnya lebih sadar akan risiko yang menanti,” kata Lorenzo lagi.

Lorenzo menyebut bahwa setelah seorang pebalap habis mengalami cedera parah, ia akan memiliki pandangan yang berbeda saat kembali ke lintasan, dan biasanya jadi lebih berhati-hati. Hal serupa diyakini akan dialami Marquez juga.

“Saya yakin kita akan melihat Marquez yang lebih dewasa, lebih banyak perhitungan, dan lebih sedikit mengambil risiko. Namun secara keseluruhan, saat dia fit, dia selalu yang tercepat. Dia bertalenta, lebih agresif, dan lebih ambisius,” jelas Lorenzo.

Marc Marquez diketahui mengalami cedera tulang humerus lengan kanan saat crash di MotoGP Spanyol pada Juli tahun lalu. Setelahnya, ia sudah menjalani tiga operasi dan hingga kini belum membalap lagi.

Ia juga diperkirakan baru akan kembali ke trek pada pertengahan MotoGP 2021, yang tentu mengganggu kansnya kembali menjadi juara dunia.

SUMBER: Detik.com