Johann Zarco Sebut Marc Marquez Jadikan Portimao ‘Uji Coba’, Bakal Gaspol di Jerez

Johann Zarco Sebut Marc Marquez Jadikan Portimao ‘Uji Coba’, Bakal Gaspol di Jerez

LIGAPEDIA – Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco, merupakan salah satu rider MotoGP yang menyambut baik kabar kembalinya Marc Marquez yang kini boleh berkompetisi, terhitung dari Seri Portugal di Sirkuit Portimao pada 16-18 April nanti dan juga Johann Zarco sebut Marc Marquez jadikan Portimao sebagai uji coba. Kepada MotoGP.com, Zarco mengaku yakin rider Repsol Honda itu bisa jadi memberi kejutan. Usai mengalami patah tulang humerus kanan akibat kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020, Marquez memang mengalami pemulihan yang sangat panjang dan rumit, apalagi harus absen semusim, menjalani tiga operasi, yang salah satunya merupakan operasi cangkok tulang usai terdapat infeksi pada humerusnya.

Demi berlaga kembali, Marquez pun menjalani rehabilitasi dengan telaten dan penuh kesabaran bersama fisioterapisnya, Carlos J. Garcia. Pada Maret, ia pun diperbolehkan untuk latihan minibike di Sirkuit Alcarras dan latihan dengan motor RC213V-S di Sirkuit Barcelona-Catalunya dan Sirkuit Portimao. Seperti rider lainnya, Zarco mengaku kaget Marquez harus absen lagi di Seri Qatar dan Doha, dan atas alasan inilah ia sulit mengira-ngira kondisi terkini sang delapan kali juara dunia. Rider Prancis ini pun menyatakan Portimao bisa jadi trek yang mengecoh bagi Marquez karena karakternya yang menuntut fisik.

Portimao Sangat Menuntut Fisik

“Portimao adalah sirkuit yang sangat menuntut fisik berkat derajat ketinggian yang berubah-ubah. Saya sendiri tak tahu apa-apa soal kondisi Marc, karena ia tidak datang di Qatar demi meneruskan proses pemulihannya. Namun, saya sangat penasaran,” ungkap Zarco seperti yang dikutip MotosanGP, Selasa (13/4/2021). Di lain sisi, juara dunia Moto2 2015-2016 ini juga mengaku takkan kaget jika Marquez langsung bisa menemukan kecepatannya lagi seperti dulu. Namun, Zarco juga yakin kini Marquez akan lebih berhati-hati dalam menjalani beberapa balapan pertamanya usai cedera selama 10 bulan.

Zarco, yang kini tengah memimpin klasemen sementara dengan koleksi 40 poin, memprediksi bahwa Marquez dan Repsol Honda akan menjadikan pekan balap di Portimao sebagai ‘uji coba’ alias pemanasan, sebelum akhirnya gaspol di Seri Spanyol, yang digelar di Sirkuit Jerez pada 30 April-2 Mei mendatang. “Kita tahu Marc rider hebat, dan ia bisa memberi kejutan. Namun, karena pemulihannya sangat panjang, saya rasa ia akan sekadar ‘uji coba’ dengan motor MotoGP. Pasalnya, motor yang ia kendarai baru-baru ini tak terlalu menuntut fisik. Menurut saya, Portimao bakal jadi semacam uji coba baginya demi tiba di Jerez dengan kondisi yang lebih kuat,” pungkasnya.

Repsol Honda menyatakan bahwa Marquez akan menjalani satu tes medis lagi, yakni di sirkuit pada Kamis (15/4/2021), sebelum delapan kali juara dunia ini mendapatkan izin penuh dari tim dokter FIM untuk berlaga.