Joan Mir Ungkap Titik Baliknya untuk Jadi Juara MotoGP 2020

LIGAPEDIA – Joan Mir mengungkapkan podiumnya di seri Austria menjadi titik balik dia dalam merebut titel juara MotoGP 2020. Mir juga membeberkan rahasia kesuksesannya.

Pebalap Suzuki itu secara mengejutkan tampil sebagai juara dunia dengan sisa satu balapan sebelum menyudahi musim usai mengumpulkan 171 poin. Mir menjadi pebalap paling konsisten usai meraih tujuh podium, termasuk sekali kemenangan di MotoGP Eropa.

Kendati demikian, Mir tidak mencapainya dengan mudah. Pebalap Spanyol tersebut memulai musim kurap mengilap karena hanya meraih 11 poin dalam tiga balapan pertama, di mana dua di antaranya gagal finis.

Sampai akhirnya di seri keempat di Red Bull Ring, Joan Mir mengukir podium debutnya saat finis runner-up di belakang Andrea Dovizioso. Hasil itu memberi Mir ketenangan dan keyakinan diri di sisa musim.

“Rasanya aneh memikirkan bahwa setelah balapan-balapan pertama di musim 2020 aku tertinggal dari pebalap-pebalap di papan atas klasemen, dan sekarang kami merayakan titel juaranya,” ungkap Mir, yang dikutip Crash.

“Seri Austria tahun ini itu titik baliknya: aku betul-betul menekan diriku sendiri untuk merebut podium dan ketika terwujud, itu merupakan sebuah kelegaan yang sangat besar. Aku sudah lama memendam tensi di dalam diriku sendiri dan semuanya akhirnya keluar ketika aku berdiri di podium.”

“Sekalinya aku membuktikan diri apa yang bisa kulakukan, hal itu membuatku perasaan yang lebih rileks dan seimbang di atas motor. Kalau Anda memintaku menunjuk rahasia suksesku, aku akan mengatakan ini: Aku selalu menentukan sebuah target dan sekalinya aku mencapainya rasa laparku akan semakin besar dan aku akan terus mengejar tujuanku,” cetus Joan Mir.

SUMBER: Detik.com