Honda Memang Lagi Bermasalah di MotoGP 2021

LIGAPEDIA – Sudah empat seri berlalu, dan belum ada pebalap Honda yang capai podium di MotoGP 2021. Alberto Puig, manajer Repsol Honda, mengakui timnya memang menemui sejumlah masalah.

Sejauh ini, capaian paling baik motor Honda didapat oleh Takaaki Nakagami terhadap MotoGP Spanyol terhadap Minggu (2/5/2021) lalu. Ia sukses finis di kronologis empat.

Kecuali catatan di atas, tak ada ulang rider Honda yang finis lima besar di tiap-tiap lomba. Dengan motor RC213V, Pol Esparagaro tetap ada masalah dan paling baik finis di kronologis delapan MotoGP Qatar.

Marc Marquez tetap belum membalap seperti dulu, dan catatan terbaiknya finis di kronologis tujuh di MotoGP Portugal. Alex Marquez? Adik Marc itu crash tiga kali dan baru finis sekali, tepatnya kronologis delapan MotoGP Portugal.

Catatan ini membuat publik bertanya-tanya apa yang tengah berjalan di Honda. Motor mereka seperti sukar bersaing dengan Ducati dan Yamaha.

Espargaro sebelumnya mengeluhkan soal motor yang berbeda-beda antara satu rider Honda dengan yang lainnya terhadap MotoGP Spanyol kemarin. Seperti contohnya punya Nakagami, yang kenakan sasis tahun lalu.

Motor Espargaro dengan Marc Marquez pun berbeda, sehingga Espargaro kebingungan melacak letak masalah yang dialaminya, karena seluruh rider seperti kenakan spek spesifik masing-masing dan tak dapat melakukan perbandingan.

Melihat apa yang berjalan terhadap timnya, Puig mengaku tengah melacak solusi. Ia menghendaki seri seterusnya di MotoGP Prancis terhadap 16 Mei dapat menjadi penebusan.

“Poin negatifnya, kami di Honda jelas bahwa ada sejumlah masalah yang kami hadapi berkaitan dengan motor. Tapi kami telah mengidentifikasi perihal tersebut,” kata Puig, dikutip situs formal MotoGP.

“Kami berupaya yang terbaik, kami bakal langsung mempunyai suku cadang baru, dan terus bekerja keras untuk menyiapkan para pebalap kami di balapan selanjutnya,” jelas pria yang termasuk eks rider 500 cc itu.