Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021: Bagnaia Start Terdepan, Rossi Keempat

LIGAPEDIA – Pebalap Ducati Francesco Bagnaia tampil gemilang untuk merebut pole di Kualifikasi MotoGP Qatar 2021. Sementara debut Valentino Rossi di Petronas Yamaha dimulai dari posisi keempat. Pada lima menit pertama sesi Q2 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (28/3/2021) dini hari WIB, Francesco Bagnaia langsung tancap gas untuk menempati posisi teratas diikuti Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Aleix Espargaro.

Sementara itu juara dunia Joan Mir berhasil melewati Q1 untuk bisa tampil di sesi kedua. Performa rider Suzuki itu terbilang belum mantap sejauh ini di seri pertama. Setelah itu terjadi salip-menyalip catatan waktu antara Quartararo, Vinales, Franco Morbidelli, dan Jack Miller. Miller sempat merebut posisi pole sebelum Quartararo merebutnya di sisa tiga menit kualifikasi.

Quartararo disusul Miller dan Vinales yang berupaya merebut posisi terdepan. Di sisa semenit kualifikasi, Peco Bagnaia coba menajamkan waktunya untuk bisa merebut posisi pertama dan berhasil melakukannya.

Kejutan juga terjadi ketika Valentino Rossi sukses menyalip ke posisi ketiga di bawah semenit sisa waktu kualifikasi. Tapi, Rossi cuma bertahan sebentar karena Vinales mampu merebut posisi start ketiga di akhir kualifikasi.

 

Pada akhirnya Bagnaia mampu meraih pole position dengan 1 menit 52,772 detik, rekor terbaik di sirkuit ini. Duo Monster Yamaha, Quartararo dan Vinales, harus puas start dari posisi kedua serta ketiga. Rossi akan melakoni balapan debutnya bareng Petronas Yamaha di posisi keempat disusul Miller. Johan Zarco, Morbidelli, Aleix Espargaro, Alex Rins, dan juara dunia Joan Mir melengkapi posisi 10 besar.
Kualifikasi MotoGP Qatar 2021
SUMBER: Detik.com