Finis di Posisi 18, Morbidelli: Motornya seperti Tak Pakai Suspensi!

LIGAPEDIA – Franco Morbidelli tercecer pada balapan pertamanya di MotoGP 2021. Rider Petronas Yamaha SRT itu mengeluhkan masalah di bagian belakang motornya. Franco Morbidelli memulai balapan MotoGP Qatar di sirkuit Losail, Senin (29/3/2021) dini hari WIB dari posisi tujuh. Namun posisinya langsung merosot selepas start.

Pebalap 26 tahun itu bahkan sudah terlempar ke posisi 16 di putaran pertama. Sebuah hal yang ironis mengingat ia tampil cukup meyakinkan di sesi latihan bebas dengan finis pertama di sesi pertama dan ketiga. Morbidelli menceritakan bahwa ia tak nyaman dengan cengkeraman ban belakang YZR-M1 miliknya. Pebalap asal Italia itu serasa menaiki motor tak bersuspensi, sehingga membuatnya harus mengurangi kecepatan dengan drastis dan akhirnya finis di posisi dua dari belakang.

“Masalah ini memengaruhi saya di keseluruhan balapan. Saya tak bisa mengatakan apa, karena kami juga belum mendapatkan kepastian. Kami mencoba memahami betul apa problemnya,” katanya dikutip Crash. “Pada dasarnya, bagian belakang motor mulai terasa kosong, semacam peredam kejutnya kering dan rasanya seperti tak punya peredam kejut. Saya tak bisa berbelok.”

“Ya bisa berbelok, sih, tapi harus melaju satu detik lebih lambat. Saya bisa berakselerasi, tapi harus melaju satu detik lebih pelan.” “Itulah efeknya. Kami masih belum tahu penyebabnya. Kami mencoba menginvestigasi, saya yakin orang-orang Yamaha akan membantu saya dalam masalah ini,” sambung Franco Morbidelli.

SUMBER: Detik.com