F1 GP Belgia: Hamilton Raih Kemenangan Pertama Sejak 2017

LIGAPEDIA – Lewis Hamilton semakin menjauh dari persaingan merebut gelar juara dunia Formula 1 2020. Hal itu setelah ia berhasil memenangi GP Belgia.

Di sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (30/8/2020), driver Mercedes itu finis dengan catatan waktu 1 jam 24 menit 8,761 detik. Sejak start, ia terus berada di urutan pertama sejak awal hingga akhir balapan. Setelah dua tahun terakhir gagal menang di Belgia, Hamilton akhirnya kembali meraih podium teratas.

Rekan setimnya, Valtteri Bottas menyusul di urutan kedua dengan selisih waktu 8,448 detik. Menyusul tempat ketiga diisi Max Verstappen yang terpaut 15,455 detik dari Hamilton.

Daniel Ricciardo, Esteban Ocon, Alexander Albon, Lando Norris, Pierre Gasly, Lance Stroll, dan Sergio Perez berturut-turut menempati urutan empat hingga sepuluh.

Nasib buruk justru menimpa Ferrari. Dua pebalap mereka, Sebastian Vettel dan Charles Lecrec, cuma bisa finis di urutan ke-13 dan 14, dan dengan demikian tak meraih poin.

Hasil balapan F1 GP Belgia 2020
Hasil balapan F1 GP Belgia 2020. Foto: F1

Jalannya balapan

Sebelum balapan, ada kabar buruk dari Carlos Sainz Jr (McLaren). Ia tak bisa mengikuti balapan karena ada masalah pada knalpot mobilnya. Hamilton yang memulai dari posisi terdepan langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya begitu balapan dimulai.

Rekan setimnya, Valtteri Bottas yang start di posisi kedua membuntuti di belakang, disusul Verstappen (Red Bull Racing) dan Ricciardo (Renault). Posisi empat besar tak berubah sejak start.

Di lap ketiga, Charles Leclerc (Ferrari) yang start di posisi ke-13 sudah berada di posisi ke-9. Rekan setimnya, Sebastian Vettel, cuma naik satu posisi ke urutan 13. Namun di lap ketujuh, Leclerc yang memakai ban soft mulai kewalahan dan kembali melorot ke posisi 12.

Memasuki lap ke-10, posisi empat besar tetap tak berubah. Hamilton dikejar Bottas, Verstappen, dan Ricciardo.

CRASH! Pada lap ke-11, mobil Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) menabrak pembatas. George Russell (Williams) berusaha menghindar, namun ban mobil Giovinazzi membentur mobilnya dan akhirnya malah membentur pembatas di sisi lain. Keduanya selamat dan bisa keluar dari mobil, namun tak bisa melanjutkan lomba.

Balapan dilanjutkan lagi. Setelah kembali ke pit, Hamilton, Bottas, dan Verstappen memulai balapan lagi dengan memakai ban keras, berharap tak perlu kembali ke pit hingga finis. Safety car masuk di lap ke-14.

Lap ke-17, safety car keluar dan balapan kembali berjalan normal. Hamilton kembali melesat di depan. Memasuki setengah balapan (22 lap), posisi empat besar yang sebelumnya sempat berubah karena banyak yang masuk pit kembali diisi Hamilton, Bottas, Verstappen, dan Ricciardo.

Di lap ke-25, Leclerc kembali masuk pit. Ia kembali ke trek dengan berada di posisi ke-17 atau paling bontot, namun perlahan naik. Di lap ke-29, Vettel gagal mengambil posisi ke-11. Ia kalah cepat dari Sergio Perez (Racing Point) yang menggunakan ban baru. Bukan hari yang indah bagi Ferrari.

Di lap-lap terakhir, persaingan ketat terjadi antara Esteban Ocon (Renault) dan Alexander Albon (Red Bull Racing) yang tengah memperebutkan posisi kelima. Akhirnya, Ocon berhasil menyalap Albon untuk meraih posisi kelima hingga finis.

FINIS! Hamilton yang nyaman di depan sejak start akhirnya finis di posisi pertama. Bottas di urutan kedua, dan Verstappen di urutan ketiga. Ricciardo berusaha mengejar Verstappen sepanjang balapan, namun akhirnya ia harus puas di peringkat keempat. Ferrari, yang menguasai GP Belgia selama dua tahun terakhir, akhirnya harus puas di urutan ke-13 (Vettel) dan 14 (Leclerc).

SUMBER: Detik.com