Empat Tim Raksasa Liga Inggris Serentak Mundur dari European Super League

Empat Tim Raksasa Liga Inggris Serentak Mundur dari European Super League

LIGAPEDIA – Empat tim raksasa Liga Inggris, yakni Liverpool, Manchester United, Arsenal, dan Tottenham secara serentak mengumumkan pengunduran diri mereka dari European Super League.

Seperti diberitakan sebelumnya, 12 klub top Eropa termasuk empat tim klub di atas berencana untuk menggelar kompetisi baru bertajuk European Super League.

Tak pelak, ide ini pun mendapat tentangan dari berbagai pihak, mulai dari suporter, klub lain, otoritas liga domestik, hingga badan sepak bola Eropa UEFA.

Pengumuman Liverpool

Liverpool mengumumkan pengunduran diri mereka lewat akun Twitter dan laman resmi mereka.

“Klub Sepak Bola Liverpool dapat mengonfirmasi bahwa keterlibatan kami dalam rencana yang diusulkan untuk membentuk Liga Super Eropa telah dihentikan,”

“Dalam beberapa hari terakhir, klub telah menerima perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan utama, baik secara internal maupun eksternal, dan kami ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka yang berharga,”

Pengumuman Manchester United

Tak berselang lama kemudian, Manchester United juga mengambil langkah serupa lewat pengumuman singkat di akun Twitter resmi mereka yang dilanjutkan dengan penjelasan di laman resmi.

“Kami tak akan berpartisipasi di Liga Super Eropa,”

“Kami telah mendengarkan dengan cermat reaksi dari para penggemar kami, pemerintah Inggris dan pemangku kepentingan utama lainnya,”

“Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan orang lain di seluruh komunitas sepak bola untuk menghasilkan solusi berkelanjutan untuk tantangan jangka panjang yang dihadapi permainan ini,”

Surat Arsenal untuk Fans

Sementara itu, Arsenal sedikit lebih blak-blakan dalam pengumuman mereka. The Gunners membuat surat ke fans tentang kesalahan yang mereka lakukan.

“Sebagai hasil dari mendengarkan Anda dan komunitas sepak bola yang lebih luas selama beberapa hari terakhir, kami menarik diri dari Liga Super yang diusulkan,”

“Kami melakukan kesalahan, dan kami mohon maaf untuk itu,”

Pengumuman Tottenham

Satu lagi klub yang juga mengumumkan pengunduran diri mereka adalah Tottenham. Bedanya, pengumuman ini juga disertai penjelan rinci oleh sang petinggi, Daniel Levy.

“Kami menyesali kecemasan dan kekesalan yang disebabkan oleh proposal ESL. Kami merasa penting bagi klub kami untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemungkinan struktur baru yang berusaha untuk lebih memastikan permainan adil finansial dan keberlanjutan finansial sambil memberikan dukungan yang meningkat secara signifikan untuk piramida sepak bola yang lebih luas,” ujar Levy.

“Kami percaya bahwa kami tidak boleh diam dan bahwa olahraga harus terus meninjau kompetisi dan tata kelola untuk memastikan permainan yang kita semua sukai terus berkembang dan membangkitkan semangat penggemar di seluruh dunia,”

“Kami ingin berterima kasih kepada semua pendukung yang menyampaikan pendapat mereka.”

Susul Manchester City

Empat tim di atas menyusul langkah Manchester City yang menjadi tim pertama mengajukan pengunduran diri dari European Super League.

Kini, tim Inggris tinggal Chelsea yang belum mengumumkan pengunduran diri mereka. Meski demikian, The Blues diyakini akan segera melakukannya dalam waktu dekat.