Demi Juara Dunia, Pol Espargaro Siap Pol-polan di MotoGP Eropa

LIGAPEDIA – Pol Espargaro dapat pole position di MotoGP Eropa 2020. Pebalap KTM itu bakal mati-matian demi menjaga peluangnya juara dunia MotoGP.

Pada sesi kualifikasi MotoGP Eropa di sirkuit Riccardo Tormo, Valencia, Sabtu (7/11/2020) malam WIB, Pol mampu merebut posisi start terdepan. Padahal sesi dilangsungkan dalam kondisi lintasan basah.

Pole memaksimalkan kesempatan di menit akhir kualifikasi untuk membuat waktu tercepat, 1 menit 40,434 detik. Catatan waktu ini unggul atas Alex Rins dari Suzuki yang harus puas start di posisi kedua.

Ini adalah pol kedua Pol setelah di MotoGP Styria, yang sayangnya saat itu cuma berujung posisi ketiga klasemen karena kalah dari Miguel Oliveira. Bagi Pol, pole ini juga memperbesar peluangnya meraih kemenangan pertama musim ini.

Pol memang jadi pebalap KTM terbaik musim ini posisinya dengan ada di urutan kedelapan dengan 90 poin, unggul dari Miguel Oliveira (82 poin) dan Brad Binder (67 poin). Padahal kedua rekannya sudah sekali menang, sementara Pol belum.

Kemenangan akan terasa penting untuk menjaga peluang juara Pol, yang masih berjarak 47 poin dari Joan Mir di puncak klasemen MotoGP. Sebab secara matematis, selisih itu masih mungkin terkejar di sisa musim.

Tapi, Pol tak mau memusingkan itu dan memilih fokus memenangi balapan Eropa.

“Sekarang atau tidak sama sekali,” ujar Pol yang bertekad menang di MotoGP Eropa itu.

“Kami cuma punya sisa tiga balapan dan kami harus bisa tampil luar biasa di tiga balapan itu, jika ingin berada di posisi yang bagus dalam perburuan juara. Itu artinya kami harus berani ambil risiko untuk selalu berada di posisi terbaik pada setiap balapan,” sambungnya dikutip dari Crash.

“Saya tidak boleh bermain aman sejak lap pertama hingga tikungan terakhir. Mungkin hal itu bisa membuat saya crash di salah satu balapan tersisa. Tapi seperti yang saya bilang, kami harus tampil bagus di tiga balapan ke depan, jika ingin punya peluang juara.”

“Saya belum pernah balapan di Portimao, jadi belum tahu seperti apa. Tapi kami punya kesempatan bagus di sini dan saya akan memanfaatkannya. Begitu juga balapan minggu depan. Kita lihat seperti apa,” tutup pria asal Spanyol itu.

SUMBER: Detik.com