Babak 16 Besar Liga Champions: Liverpool Lolos, Siapa Lagi?

LIGAPEDIA – Liverpool memastikan tiket babak 16 besar Liga Champions 2020/2021. Sudah ada 8 tim yang lolos, siapa saja?

Matchday kelima Liga Champions diawali pada Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Ada dua tim yang memastikan tiket ke babak knock out dari laga tersebut.

Pertama adalah Liverpool. Juara Liga Inggris musim lalu itu menembus babak gugur usai mengalahkan Ajax Amsterdam. Bertanding di Anfield, Liverpool menang 1-0. Gol tunggal kemenangan Si Merah dicetak Curtis Jones pada menit ke-58. Di saat bersamaan, Atalanta juga diredam Midtjylland 1-1.

Kemenangan itu membuat Liverpool masih memimpin Grup D dengan 12 poin dari 5 laga, unggul empat poin dari Atalanta di posisi dua. Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, raihan pasukan Juergen Klopp takkan terkejar lagi.

Atalanta sendiri harus bersaing dengan Ajax, yang berada di posisi tiga dengan 7 poin. Kedua tim butuh kemenangan guna merebut satu tiket tersisa dan bisa mendampingi Liverpool.

Kemudian, satu tim lagi yang lolos ke babak 16 besar adalah FC Porto. Wakil Portugal itu melaju usai meredam Manchester City tanpa gol di Estadio Do Dragao.

Kelolosan Porto juga terbantu dengan hasil Marseille vs Olympiakos. Di saat bersamaan, Marseille menang 2-1 atas Olympiakos.

Dengan hasil itu, Porto mengoleksi 10 poin, mendampingi Manchester City—yang memimpin Grup C dengan 13 poin. Keduanya takkan terkejar Olympiakos dan Marseille, yang baru mengumpulkan 3 angka dari 5 pertandingan. Apapun hasil di matchday terakhir takkan berpengaruh lagi pada nasib City dan Porto.

Dengan demikian, Liverpool dan Porto menggenapi tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sebelumnya ada Barcelona, Juventus, Chelsea, Sevilla, Bayern Munich, dan Manchester City.

Matchday kelima Liga Champions akan kembali menggelar pertandingan pada Kamis (3/12/2020) dini hari WIB. Ada tiga tim yang bisa menyusul ke babak berikutnya.

Mereka adalah Borussia Dortmund dan Lazio dari Grup F, serta Manchester United dari Grup H. Ketiganya punya syarat.

Dortmund dan Lazio tergabung di Grup F, bersama Club Brugge dan Zenit St. Petersburg. Dortmund masih memimpin dengan 9 poin, diikuti Lazio (8), Club Brugge (4) dan Zenit (1).

Dortmund bisa lolos jika tidak kalah dari Lazio, yang mana kedua akan bertanding dini hari nanti. Atau, di saat bersamaan, Club Brugge tidak mengalahkan Zenit St. Petersburg. Jika menang, Dortmund akan keluar menjadi juara grup.

Adapun Lazio bisa lolos jika mengalahkan Dortmund, atau Club Brugge di saat bersamaan mengalahkan atau menahan imbang Zenit.

Sementara MU tergabung di Grup H, bersama Paris Saint-Germain, RB Leizpig, dan Istanbul Basakhsehir. MU berada di posisi teratas dengan 9 poin, diikuti PSG dan RB Leipzig (6), serta Istanbul Basaksehir (3).

Di matchday kelima, MU akan menghadapi PSG di Old Trafford. Marcus Rashford dkk bisa lolos jika tidak kalah dari PSG, jika menang bahkan bisa keluar menjadi juara grup. Jika MU imbang dan Leipzig kalah dari Istanbul Basaksehir, Setan Merah tetap bisa menjadi juara grup.

SUMBER: Detik.com