Sergio Ramos Dua Kali Gagal Penalti, Swiss Vs Spanyol Tuntas 1-1

LIGAPEDIA – Spanyol harus rela berbagi angka dengan Swiss setelah berimbang dengan skor 1-1. Hasil itu diwarnai dengan kegagalan Sergio Ramos mengeksekusi penalti dua kali.

Spanyol menyambangi Swiss di Stadion St. Jakob-Park dalam lanjutan UEFA Nations League, Minggu (15/11/2020) dinihari WIB. Swiss menyudahi pertandingan dengan 10 orang setelah Nico Elvedi dikartu merah.

Swiss membuka keunggulan lebih dahulu berkat gol Remo Freuler di babak pertama. Spanyol kemudian mendapatkan dua kali penalti yang gagal dikonversi oleh bek sekaligus kaptennya, Sergio Ramos di paruh kedua.

Namun, pada akhirnya La Furia Roja selamat dari kekalahan. Pemain pengganti Gerard Moreno menciptakan gol penyama di menit-menit akhir waktu normal.

Dengan hasil ini, Spanyol turun ke peringkat kedua klasemen Grup 4 usai mengumpulkan delapan poin, terpaut satu poin dari Jerman di puncak. Swiss di posisi buncit dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Swiss lebih banyak menekan sejak menit awal, yang dipimpin oleh Xherdan Shaqiri. Dua kali percobaan pemain Liverpool ini membahayakan pertahanan Swiss.

Kiper Swiss Yann Sommer hampir melakukan kesalahan sendiri. Crossing Oyarzabal dari sisi kiri kotak penalti tidak ditangkap dengan sempurna oleh Sommer. Untungnya, dia bisa segera mengamankan bola sebelum disambar pemain lawan.

Swiss memecah kebuntuan di menit ke-26. Dari skema serangan balik, Breel Embolo mengirim umpan terukur dari sayap kiri yang diselesaikan Remo Freuler dengan sontekan first-time. Bola meluncur ke sudut kanan atas gawang Spanyol tanpa bisa dijangkau kiper Unai Simon. Swiss memimpin 1-0 dari Spanyol.

Spanyol mulai menunjukkan perlawanan. Di menit ke-38, Fabian Ruiz melakukan penetrasi dari tengah lapangan sebelum melepaskan tendangan dari tepi kotak penalti. Sommer masih sanggup menepis bola.

Jelang turun minum, Sommer membuat penyelamatan krusial. Oyarzabal meneruskan sodoran Merlina dengan tembakan yang menembus lini pertahanan Swiss, tapi tidak dengan Sommer.

Swiss nyaris menambah keunggulannya di awal babak kedua. Namun, Sergio Ramos sukses menghalau bola hasil sepakan Haris Seferovic setelah menerima umpan silang Shaqiri.

Wasit memberikan hadiah penalti untuk Spanyol setelah Ricardo Rodriguez melakukan pelanggaran terhadap Ramos, menyusul situasi tendangan sudut. Ramos sendiri mengambil penalti itu namun Sommer sukses menggagalkannya usai menebak arah tendangannya.

Di menit ke-79, Spanyol dihadiahi penalti kedua sekaligus membuat Swiss bermain dengan 10 orang. Nico Elvedi diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Alvaro Morata.

Sayangnya, penalti ini lagi-lagi gagal dimaksimalkan Spanyol setelah eksekusi Ramos dari titik putih terlalu lemah sehingga bisa ditahan Sommer.

Meski begitu, Spanyol akhirnya menciptakan gol balasan yang ditunggu-tunggu pada semenit sebelum waktu normal berakhir. Sergio Reguilon mengirim umpan silang dari sayap kiri yang diselesaikan Gerard Moreno dengan tembakan kaki kanan. Kedudukan kini 1-1.

Spanyol terus mencoba menambah golnya setelah menyamakan kedudukan. Namun, hingga pertandingan selesai, tidak ada gol lain yang tercipta sehingga skor imbang tetap bertahan.

Susunan Pemain
SWISS: Sommer, Rodriguez, Elvedi, Akanji, Zuber (Steffen 72′), Shaqiri (Sow 72′), Xhaka, Freuler, Fernandes, Seferovic (Omeragic 84′), Embolo

SPANYOL: Unai Simon, Sergio Ramos, Sergi Roberto, Reguilon, Pau Torres, Busquets (Koke 72′), Mikel Merino (Gerard Moreno 81′), Fabian Ruiz (Morata 56′), Dani Olmo (Canales 73′), Oyarzabal (Traore 73′), Ferran Torres

SUMBER: Detik.com