Cal Crutchlow Jadi Test Rider Yamaha di MotoGP 2021

LIGAPEDIA – Cal Crutchlow resmi jadi test rider Yamaha mulai MotoGP 2021. Rider asal Inggris itu menggantikan Jorge Lorenzo.

Lewat situs resminya, Yamaha mengumumkan Crutchlow sebagai pebalap tes untuk musim 2021. Dimulai di shakedown test di Sepang, Malaysia, pada 14-16 Februari mendatang, Crutchlow akan mengendarai YZR-M1.

Dengan 10 tahun pengalaman di MotoGP bersama tiga pabrikan, Crutchlow disebut Yamaha sebagai pebalap ideal untuk posisi ini. Rider berusia 35 tahun itu juga sepakat untuk membalap lewat jalur wild card apabila ada pebalap Yamaha yang terpaksa absen karena sakit atau cedera.

Sebelum diumumkan jadi test rider Yamaha, Crutchlow yang kontraknya bersama LCR Honda habis pada akhir musim ini itu sempat dikabarkan didekati oleh Aprilia. Namun, Crutchlow pada akhirnya memilih proyek Yamaha.

“Pekan lalu, saya sudah bicara dengan Yamaha, dan kami mendekati kesepakatan yang memuaskan kedua pihak,” ujar Crutchlow seperti dilansir GPOne.

“Saya sangat menyukai proyeknya. Itu melibatkan pengetahuan saya soal MotoGP dan juga kecepatan saya. Tentu saya sudah memberi tahu Aprilia kalau saya tidak berniat lanjut dengan proyek mereka.”

“Alasannya? Saya saya punya sejumlah alasan, tapi ini bukan waktunya untuk membicarakan itu. Saya membuat keputusan dengan hati dan, di atas segalanya, saya mengambil jalan berbeda untuk masa depan,” kata Crutchlow.

Meski demikian, Crutchlow memberi indikasi kondisi fisiknya sebagai alasan dirinya menerima tawaran jadi test rider. Di MotoGP 2020, dia sudah tiga kali absen karena cedera dan tidak fit.

“Ya, saya tak masalah lanjut balapan, tapi dengan jadwal saat ini, tiga balapan beruntun, itu sangat sulit. Di situasi normal, saya tidak akan bermasalah. Saya masih kompetitif dan saya membuktikannya di kualifikasi,” kata Cal Crutchlow.

SUMBER: Detik.com