Psikolog Ingatkan Kemungkinan ‘Deep Fake’ dalam Video Syur Mirip Gisel

LIGAPEDIA – Viralnya video syur mirip Gisella Anastasia atau Gisel sudah dalam tahap meresahkan. Makin banyak diviralkan, makin rentan anak-anak di bawah umur terpapar dengan tidak sengaja.

Tentu bukan tanpa alasan jika video semacam ini mudah sekali viral. Faktor ketenaran sosok yang diduga ada dalam video tersebut membuat orang mudah penasaran. Terbaru, artis Jessica Iskandar juga terseret dalam video syur yang disebut-sebut mirip dirinya.

Psikolog klinis Kasandra Putranto mengingatkan bahwa kegaduhan yang timbul dari viralnya video syur semacam itu akan berdampak pada pihak-pihak yang diduga terlibat. Padahal ketika statusnya masih diduga, maka belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Sebagai netizen saya berharap agar kita menjadi masyarakat yang lebih cerdas dan bisa menahan diri dari perilaku perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma sosial maupun norma hukum,” pesan Kasandra.

“Pada dasarnya ketika kita memberikan pendapat yang menyudutkan atau langsung menghakimi orang lain, tentu akan tidak sesuai dengan norma-norma yang tadi saya sebutkan, terutama juga dalam hal ini kita masih harus menegakkan praduga tak bersalah,” lanjutnya.

Menurut Kasandra, ada banyak kemungkinan yang membuat dugaan tersebut akhirnya meleset. Misalnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang memungkinkan siapapun melakukan face swap.

“Salah satunya adalah yang disebut dengan Deep Fake. Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk mengganti wajah dan dilekatkan kepada tubuh orang lain yang sedang melakukan aktivitas tertentu,” jelas Kasandra.

Nah lho… kalau ternyata tidak seperti yang diduga, kan kasihan.

SUMBER: Detik.com