Pembaharuan EMUI 11, Meningkatkan Fitur Keamanan Perangkat Huawei

Hari ini Huawei mengumumkan peningkatan baru yang akan hadir pada EMUI 11. Pengalaman baru ini diklaim solutif karena mencakup beberapa aspek dari interaksi, privasi, keamanan hingga peningkatan kinerja.

Seperti misalnya, aspek Always On Display (AOD), generasi baru di EMUI 11 mengintegrasikan tiga elemen seni, bentuk, warna, dan ruang ke dalam desain.

Selain menambahkan artistik pada pengalaman, AOD baru memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi bentuk sesuai selera pengguna, dan bahkan melampaui palet warna default dan menggunakan warna dari foto pilihan mereka untuk desain khusus pengguna sendiri.

EMUI 11 pada HUAWEI Mate 40 Series misalnya kini juga mendukung ​Eyes On Display​, yang memanfaatkan 3D ​Depth Sensing Camera dan Gesture Sensor untuk mendeteksi perhatian pengguna.

Fitur smart gesture ini yang pertama kali diperkenalkan pada EMUI 10, dan  hanya lebih ke menangkap Gerakan, tapi pada pembaharuan kini, fitur smart Gesture  dihadirkan lebih fleksibel dan dapat diterapkan di lebih banyak skenario. Seperti menahan telapak tangan di atas layar untuk meminta untuk menampilkan waktu, bahkan saat layar terkunci contohnya.

Kemudian ada juga multi screen collaboration​, hal ini dihadirkan di EMUI 11 untuk menunjang produktivitas sehari-hari yang memungkinkan pengoperasian lintas perangkat yang mulus antara smartphone dan PC. Kemudian untuk menunjang kinerja, kemampuan ​Email Conversation Mode yang baru juga tak kalah menarik karena email tradisional yang biasa kita akses berubah menjadi percakapan.

Fitur ini menyembunyikan tampilan atau bagian yang tidak perlu dari email konvensional, hanya menempatkan fokus pada percakapan.

Dan salah satu fitur menarik, juga sangat penting dihadirkan EMUI 11 ini menyangkut persoalan keamanan dan perlindungan privasi yang komprehensif.

Di sini prinsip perlindungan privasinya yaitu mengusung tanpa gangguan, tanpa pelacakan, dan tanpa pemaparan, juga memberi pengguna kesadaran dan kendali penuh atas data pribadi mereka. Pada HUAWEI Mate 40 Series, EMUI 11 memberi pengguna peningkatan lebih lanjut pada keamanan dan perlindungan privasi.

Misal foto yang diambil dengan smartphone berisi informasi pribadi seperti lokasi dan waktu pengambilan foto, perangkat saat pengambilan, dan lainnya akan secara otomatis dihapus sebelum gambar dikirim ke orang lain melalui HUAWEI Share.

Kemudian pada kemampuan keamanan lainya juga ada pada AI Private View, yang membantun menjaga percakapan pengguna
Saat diaktifkan, fitur ini menggunakan pengenalan wajah untuk mengidentifikasi apakah pengguna adalah pemilik perangkat sebenarnya. Konten pemberitahuan secara otomatis disembunyikan jika mendeteksi seseorang, yang bukan pemilik perangkat atau beberapa orang yang sedang melihat layar.