Van Dijk Cedera Panjang, Liverpool Bisa Apa?

LIGAPEDIA – Virgil van Dijk harus menjalani operasi lutut setelah kakinya disikat kiper Everton, Jordan Pickford. Itu jadi kerugian besar buat Liverpool.

Insiden itu terjadi dalam laga derby Merseyside dalam lanjutan Liga Inggris di Goodison Park, pada Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Van Dijk yang tengah berusaha menyambar bola di area penalti Everton kemudian ditabrak oleh Pickford.

Sempat dapat perawatan di lapangan, Van Dijk pada akhirnya tidak dapat melanjutkan pertandingan. Dia terpaksa ditarik keluar di menit ke-12 dan digantikan oleh Joe Gomez.

Laga itu sendiri berjalan imbang 2-2. Everton sementara masih di puncak Klasemen Liga Inggris dengan 13 poin dari 5 kali main. Liverpool di peringkat ketiga dengan 10 poin.

Kembali soal Virgil van Dijk, bek tengah asal Belanda itu harus naik ke meja operasi. Itu dikarenakan, ligamen lututnya robek.

“Liverpool bisa mengonfirmasi Virgil van Dijk akan menjalani operasi pada cedera lutut yang dialami di laga hari Sabtu melawan Everton yang berakhir 202,” demikian bunyi pernyataan Liverpool di situs resminya.

“Ligamen lutut si bek tengah rusak menyusul insiden yang melibatkan kiper Everton Jordan Pickford setelah enam menit di Goodison Park.”

Liverpool tak menjelaskan secara rinci berapa lama Van Dijk harus menepi akibat operasi lutut yang harus dijalani. Namun, proses pemulihan usai operasi ACL biasanya memakan waktu berbulan-bulan.

Liverpool's Virgil van Dijk, top left, is tackled by Everton's goalkeeper Jordan Pickford, center, before leaving the match injured during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park stadium, in Liverpool, England, Saturday, Oct. 17, 2020. (Peter Byrne/Pool via AP)
Virgil van Dijk alami cedera serius (AP/Peter Byrne)

Eks bek tengah Liverpool, Jamie Carragher berkomentar atas hal tersebut. Baginya, The Reds akan rugi besar saat kehilangan Virgil van Dijk.

“Dia adalah pemain penting untuk meraih gelar Liga Inggris musim lalu dan juga Liga Champions. Sekarang van Dijk cedera, Liverpool bisa apa?” terangnya seperti dilansir Sky Sports.

“Maka, persaingan gelar juara akan makin terbuka lebar. Liverpool akan lebih sulit mempertahankan titel,” lanjutnya.

Jamie Carragher menyebut, Liverpool juga harus segera belanja pemain baru tepatnya bek tengah baru di bursa transfer musim dingin pada Januari nanti. Demi bisa, menggantikan peran Virgil van Dijk dulu.

“Mau tak mau Liverpool harus belanja bek tengah nanti,” tutupnya.

SUMBER: Detik.com