WHO Ingatkan Dunia Harus Siap Pandemi Berikutnya

LIGAPEDIA – Meskipun pandemi Corona belum berakhir, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan tegas menyatakan dunia harus siap dengan pandemi berikutnya. Hal ini diungkap Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam rapat virtual di Jenewa.

Tepatnya pada hari Senin (7/9/2020), Tedros mendesak dunia atau seluruh negara harus lebih siap untuk pandemi berikutnya. Ia juga meminta negara-negara untuk berinvestasi di bidang kesehatan masyarakat.

“Ini bukan pandemi terakhir,” kata Tedros dalam jumpa pers di Jenewa, dikutip dari Reuters.

Lebih dari 27 juta orang telah dilaporkan terinfeksi virus Corona COVID-19 di dunia. Sebanyak 888.326 di antaranya telah meninggal, menurut penghitungan Reuters, sejak kasus pertama diidentifikasi di China, Desember 2019 lalu.

“Sejarah mengajarkan kita bahwa wabah dan pandemi adalah fakta kehidupan. Tetapi ketika pandemi berikutnya datang, dunia harus siap, lebih siap daripada saat ini,” lanjut Tedros.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Mike Ryan juga meminta negara dan pengembang vaksin Corona mengumpulkan data yang lebih memadai. Terutama ke jenis populasi mana vaksin akan disalurkan.

“Saat vaksin diperkenalkan ke bagian populasi yang lebih besar dan mungkin lebih beragam, efek samping negatif dapat muncul,” kata Ryan.

SUMBER: Detik.com