Vaksin Corona Sinovac Sukses Hasilkan Antibodi COVID-19 Pada Lansia

LIGAPEDIA – Perusahaan bioteknologi China, Sinovac, mengatakan kandidat vaksin Corona yang mereka kembangkan terbukti aman bagi kelompok usia lanjut meski respons kekebalan yang muncul lebih sedikit jika dibandingkan kelompok usia muda.

“Kandidat Sinovac, CoronaVac tidak menyebabkan efek samping yang parah dalam uji coba gabungan Fase 1 dan Fase 2 yang diluncurkan pada Mei yang melibatkan 421 peserta berusia setidaknya 60 tahun,” kata Liu Peicheng, perwakilan media Sinovac, dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

Temuan ini bisa dibilang cukup menggembirakan terlebih belakangan banyak pakar kesehatan yang khawatir apakah vaksin Corona dapat dengan aman melindungi orang tua yang sistem kekebalannya biasanya bereaksi kurang kuat terhadap vaksin.

Dalam penelitian tersebut, peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing diberi dua dosis vaksin namun ada yang mendapat dosis rendah, sedang, dan tinggi. Hasilnya lebih dari 90 persen mengalami peningkatkan kadar antibodi yang cukup signifikan meski lebih rendah daripada subjek usia muda, namun tetap sesuai harapan.

Vaksin Sinovac, CoronaVac, saat ini sedang melakukan uji klinis tahap akhir di Indonesia dan Brasil untuk mengevaluasi apakah vaksinnya efektif dan cukup aman untuk mendapatkan persetujuan penggunaan massal.

Vaksin ini telah diberikan kepada puluhan ribu orang, termasuk sekitar 90 persen karyawan Sinovac dan keluarga mereka, sebagai bagian dari skema inokulasi darurat China untuk melindungi orang yang menghadapi risiko infeksi tinggi.

SUMBER: Detik.com