Asosiasi Museum Indonesia: Museum SBY-ANI Wujud Cinta Pak SBY Pada Bu Ani

LIGAPEDIA – Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan, Jawa Timur. Asosiasi Museum Indonesia (AMI) menyebut SBY memang bukan sosok yang asing terhadap perkembangan museum di Indonesia.

“Bapak SBY begitu berjasa dalam pemajuan permuseuman Indonesia, khususnya selama 10 tahun kepemimpinan beliau dari 2004 sampai 2014 banyak ide beliau yang membuat terobosan untuk museum,” kata Ketua Umum AMI Putu Supadma Rudana dalam keterangannya, Jumat (21/2/2020).

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI sendiri akan berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Ploso, Pacitan. Peletakan batu pertama itu akan dilakukan SBY pada 22 Februari 2020. Bangunan museum itu akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare dengan total luas bangunan museum dan galeri seni sekitar 7.500 meter persegi.

Putu juga menyebut SBY selama menjadi presiden pernah membangun Museum Kepresidenan Balai Kirti. Museum itu menampilkan presiden-presiden Indonesia dari masa ke masa.

Asosiasi Museum Indonesia: Museum SBY-ANI Wujud Cinta Pak SBY Pada Bu Ani
Ketua Umum AMI Putu Supadma Rudana (Foto: dok istimewa)

“Penamaan Balai Kirti untuk Museum Kepresidenan ini berasal dari kata Balai yang berarti tempat, wadah atau ruangan. Sedangkan Kirti berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti tindakan yang membawa kemasyuran,” kata Putu.

Kini SBY akan membangun Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Putu pun meyakini museum itu akan menampilkan sejarah yang menarik tentang hubungan SBY dan Bu Ani yang telah mendahului.

“Museum SBY dan Galeri ANI akan menjadi salah satu museum yang terbaik di Tanah Air dan akan ramai dikunjungi oleh lapisan masyarakat yang ingin tahu sejarah mengenai SBY-ANI. Ini akan menjadi wujud cinta Pak SBY pada Ibu Ani,” kata Putu.

Diketahui kunjungan SBY ini akan menjadi yang pertama kali dirinya pulang ke kampung halaman di Pacitan selepas wafatnya istri tercinta, Ani Yudhoyono, pada Juni 2019.

SUMBER: Detik.com