Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut dan Sambal Ikan Bilih yang Bikin Ngiler

LIGAPEDIA – Menu populer di restoran seperti sup buntut ternyata mudah dibuat sendiri. Demikian juga dengan sambal ikan bilih yang renyah pedas. Semuanya bikin makin semangat makan.

Salah satu jenis sup yang paling populer di banyak restoran adalah sup buntut. Tentu saja buntut sapi jadi bahan utamanya. Dilengkapi dengan kentang, wortel, tomat dan daun bawang. Dimakan kapan saja sup ini selalu sukses bikin puas.

Demikian juga dengan sambal ikan bilih. Ikan air tawar dari Sumatera Barat ini digoreng kering. Dilengkapi dengan sambal cabai merah yang pedas nonjok, paling pas dinikmati dengan nasi hangat.

Tumisan sayuran bisa jadi pilihan untuk memenuhi konsumsi sayuran harian. Jamur merang dan tauge yang segar renyah, enak ditumis dengan saus tiram dan bawang putih plus sedikit cabai.

Kalau bosan memasak yang itu-itu saja, coba intip pilihan resep detikfood yang mudah dibuat ini. Dijamin bikin keluarga makin lahap makan.

Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut dan Sambal Ikan Bilih yang Bikin Ngiler

1. Sup Buntut

Buntut sapi dengan sedikit lemak paling enak dibuat sup. Pilih buntut yang tidak terlalu banyak lemak. Kalau ada lebih baik pakai buntut sapi lokal. Jika memakai buntut sapi impor, kikis atau buang sebagian lemak yang menempel di daging buntut.

Rebus buntut sapi dalam air secukupnya dengan api kecil hingga dagingnya benar-benar empuk. Angkat kotoran yang ada di permukaan kaldunya. Setelah itu barulah bumbui sup dan rebus kembali hingga bumbu meresap.

Untuk sayuran seperti kentang, wortel dan tomat, potong-potong dan tambahkan paling akhir. Rebus bersama buntut hingga lunak. Sup buntut harus disajikan hangat dengan taburan daun bawang, bawang merah goreng.

Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut dan Sambal Ikan Bilih yang Bikin Ngiler

2. Sambal Ikan Bilih

Ikan bilih, ikan air tawar berukuran kecil dari Sumatera Barat ini paling enak digoreng. Biasanya dijual dalam keadaan sudah digoreng. Sebaiknya goreng sebentar dalam minyak panas agar renyah. Jika tak ada bisa diganti dengan ikan mas mini atau baby.

Untuk sambalnya bisa disesuaikan dengan selera. Gunakan cabai merah besar dan tambahkan cabai rawit merah jika suka rasa lebih pedas menyengat. Tambahkan tomat merah agar rasanya sedikit asam segar.

Sebaiknya simpan ikan bilih goreng dalam stoples agar tetap renyah. Saat akan disajikan, taruh di piring saji dan sajikan sambal terpisah. Sambal bisa diaduk atau dicocol saat menyantapnya.

Masak Apa Hari Ini : Sup Buntut dan Sambal Ikan Bilih yang Bikin Ngiler

3. Tauge Cah Jamur

Tauge atau kecambah ada beberapa jenis. Ada tauge pendek, tauge sedang dan tauge besar, yang semuanya berupa kecambah biji kacang hijau. Untuk dibuat tumisan pilih tauge sedang dan besar yang segar, putih bersih dan baru.

Seperti membuat tumisan sayuran, untuk menumis tauge diperlukan api yang besar, agar tauge tetap renyah dan segar saat dikunyah. Sedangkan untuk jamurnya bisa dipakai jenis jamur merang atau jamur shitake.

Karena tauge lebih cepat layu, tumis irisan jamur hingga layu dan kecokelatan. Setelah itu tambahkan tauge, aduk beberapa saat hingga terlihat layu tetapi jangan sampai kecokelatan dan lunak. Angkat segera agar tidak makin lonyot.

SUMBER: Detik.com