Final Piala Gubernur Jatim: Duel Antarlini Persebaya Vs Persija

LIGAPEDIA – Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta disajikan di final Piala Gubernur Jatim 2020. Berikut duel antarlini antara Bajul Ijo dengan Macan Kemayoran.

Persebaya vs Persija digelar di stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020) pukul 15.00 WIB. Persebaya ke final setelah menyingkirkan Arema FC, sementara itu Persija menumbangkan Madura United.

Lini Persebaya dan Persija sama-sama dihuni pemain kelas wahid, berikut komparasinya.

Lini Penjaga Gawang: Rivki dan Shahar memburu Clean Sheet

Di pos penjaga gawang, Rivki Mokodompit dan Shahar Ginanjar yang akan beradu keterampilan. Rivki menjadi pilihan utama Aji Santoso di Piala Gubernur Jatim.

Di bawah kawalan Rivki, gawang Persebaya belum pernah clean sheet. Di empat pertandingan Piala Gubernur Jatim, ada enam gol yang sudah bersarang di gawangnya.

Sementara itu, Shahar Ginanjar menjadi andalan Persija pada dua laga terakhir. Andritany Ardhiyasa dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia, hingga Shahar menjadi sandaran utama.

Shahar juga belum bisa membawa Persija mencatatkan clean sheet. Saat Shahar bermain, Persija kebobolan dua gol.

Lini Belakang: Persebaya Rapuh, Persija Kukuh

Persija mempunyai pilihan melimpah di lini belakang. Eks bek Juventus, Marco Motta, salah satunya. Disokong oleh Otavio Dutra, Ryuji Utomo. Selain itu, untuk posisi bek sayap juga masih ada Rezaldi Hehanusa dan di pos bek tengah ada Maman Abdurahman.

Sejauh ini, Persija menjadi tim dengan pertahanan terkuat di Piala Gubernur Jatim. Hingga babak semifinal, baru ada tiga gol ke gawang tim ibukota.

Sementara itu, Persebaya mempunyai pilihan yang lebih sedikit. Pemain andalan mereka, Hansamu Yama Pranata dipanggil Timnas. Sementara itu, Abu Rizal mendapatkan kartu merah di semifinal.

Mereka mengandalkan Arif Satria, Rizky Ridho, juga masih ada pemain naturalisasi Zoubairou Garba. Rachmat Irianto juga diplot sebagai bek tengah.

Lini Tengah: Makan Konate Dikepung Rohit Chand dan Evan Dimas

Di lini tengah, pertarungan bakal lebih sengit. Persebaya sudah mendatangkan Makan Konate sebagai dirigen permainan. Dia didukung oleh Hambali Tolib, Oktafianus Fernando, hingga Muhammad Hidayat.

Kondisi Aryn Williams masih diragukan karena mengalami cedera pergelangan kaki. Dia tak bermain di semifinal saat Persebaya melawan Arema FC.

Persija Jakarta mempunyai pilihan lini tengah melimpah. Rohit Chand, Evan Dimas, Sandi Sute bisa menjadi menjadi andalan Sergio Farias untuk mengisi pos gelandang.

Sementara di sisi sayap, Riko Simanjutak, Osvaldo Haay, Novri Setiawan, hingga Ramdani Lestaluhu bisa menjadi andalan.

Lini Depan: David Da Silva vs Marko Simic

Di Lini depan, Marko Simic jelas menjadi andalan Persija. Sejauh ini, pemain asal Kroasia itu sudah membukukan lima gol, menjadi penyerang tersubur di Piala Gubernur Jatim.

Sementara di Persebaya, ada sosok David Da Silva. Dia menjadi lawan sepadan untuk Simic, penyerang asal Brasil itu sudah membukukan 3 gol.

Saat Persebaya mengalahkan Persija 2-1 pada 12 Desember 2019, Da Silva membukukan satu gol di Gelora Bung Karno. Gol balasan Persija dicetak oleh Simic

SUMBER: Detik.com