Masak Apa Hari Ini : Empal Gentong dan Bakwan Jagung yang Gurih Enak

LIGAPEDIA – Makanan daerah selalu bikin kangen. Ada empal gentong yang gurih berkuah. Dipadukan dengan bakwan jagung yang renyah gurih. Enak disantap hangat.

Hidangan berkuah dari berbagai daerah bisa jaid pilihan untuk selingan menu keluarga. Seperti Empal Gentong khas Cirebon. Kuahnya santan dengan isian daging sapi dan jeroannya. Ditaburi cabai kering bubuk, makin sedap.

Selain daun pepaya, bunga pepaya juga enak diolah jadi tumisan. Sajian sederhana khas Manado ini juga bisa dipadukan dengan teri goreng dan cabai. Rasanya renyah, gurih sekaligus pedas.

Pelengkap lauk berupa gorengan tak pernah ditolak keluarga. Apalagi bakwan jagung yang renyah, manis sekaligus gurih. Tekstur yang empuk dan rasa manis gurihnya bikin tak bisa berhenti mengunyah.

Jika kehabisan ide untuk menu keluarga, rekomendasi resep-resep detikfood ini bisa dicoba.

Masak Apa Hari Ini : Empal Gentong dan Bakwan Jagung yang Gurih Enak

1. Empal Gentong

Meskipun menyandang nama empal dan terbuat dari daging sapi, empal khas Cirebon ini berkuah. Mirip dengan soto daging, empal gentong memakai irisan daging sapi komplet dengan jeroannya.

Agar mendapatkan empal gentong dengan rasa gurih enak, sebaiknya rebus daging dan jeroan terpisah. Pastikan daging dengn sedikit lemak benar-benar empuk. Demikian juga jeroannya. Selanjutnya bisa dimasak lagi dengan bumbunya.

Agar mendapatkan rasa kaldu yang gurih alami, gunakan santan segar yang sedang. Selalu pakai api kecil saat merebus daging maupun empal gentong. Ini agar bumbu meresap sempurna dan matang perlahan.

Sebagai pelengkap bisa disajikan dengan taburan daun bawang, nbawang merah goreng, cabai merah bubuk dan sedikit kecap manis serta air jeruk nipis.

Masak Apa Hari Ini : Empal Gentong dan Bakwan Jagung yang Gurih Enak

2. Tumis Bunga Pepaya

Pepaya tunggal bunganya sering diambil untuk diolah jadi tumisan. Pilih bunga pepaya yang masih kuncum, buang tangkainya yang keras. Bunga pepaya ini harus direbus sebengtar barulah diperas atau ditiriskan airnya.

Sebagai campuran tumisan biasa ditambahkan bawang merah dan bawang putih yang diiris kasar. Tambahan daun pandan muda, daun kunyit muda dan daun kemangi untuk rasa yang lebih enak. Masukkan saat terakhir sebelum diangkat dari api.

Tambahan sayuran lain seperti kangkung, dan buncis bisa saja ditambahkan sebagai paduan. Toppingnya selain ikan teri, bisa dipakai ikan asap atau cakalang. 

Masak Apa Hari Ini : Empal Gentong dan Bakwan Jagung yang Gurih Enak

3. Bakwan Jagung

Jagung manis enak dibuat bakwan. Pilih jagung yang tidak terlalu tua dan segar. Untuk memberi tekstur renyah, haluskan sebagian jamur dan biarkan sebagian utuh. Tambahan daun bawang iris akan membuat rasanya lebih enak.

Sebagian orang suka bakwan jagung polos tetapi ada juga yang menambahkan udang yang dipotong kecil atau ikan teri nasi. Sebaiknya sendoki adonan jagung dengan ukuran sama agar saat digoreng bisa matang bersamaan.

Pastikan bakwan jagung terendam dalam minyak panas dan banyak hingga bagian pinggir dan luarnya kering. Bakwan jagung sebaiknya dimakan saat hangat agar terasa renyah dan gurihnya. 

SUMBER: Detik.com