Masak Apa Hari Ini : Sayur Lombok Ijo dan Ayam Bumbu Srepeh

LIGAPEDIA – Sayur berbahan sederhana bisa jadi sayur enak di tengah bulan. Dinikmati dengan ayam srepeh yang pedas manis, jadi santapan yang menggugah selera.

Kelezatan makanan bisa juga karena bahan-bahan sederhana yang dipadukan dengan bumbu yang pas. Seperti sayur cabe hijau yang diberi isian tempe dan irisan cabai hijau. Rasanya sedap dan bikin ketagihan.

Olahan ayam dari Jawa Tengah ini rasanya pedas manis. Biasanya bumbu srepeh dipakai untuk membumbui sate ayam khas Rembang tetapi enak juga diolah dengan potongan ayam. Disantap dengan nasi hangat ayam srepeh dijamin enak.

Makanan sederhana lainnya adalah tahu gimbal. Racikan tahu gaya Semarang ini enak dimakan hangat. Irisan tahu, ditambah gimbal lalu disiram saus kacang yang pedas gurih. Mantap rasanya!

Pilihan resep-resep rumahan yang sederhana dari detikfood dapat menjadi alternatif menu harian keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Lombok Ijo dan Ayam Bumbu Srepeh

1. Sayur Lombok Ijo

Orang sering menyebutnya sebagai sayur kampung karena bahannya sangat sederhana. Meski begitu rasanya yang gurih pedas makin terasa enak saat diaduk dengan nasi hangat. Tak heran jika banyak yang ketagihan.

Kuah sayur ini adalah santan encer. Gunakan santan segar agar mendapatkan rasa gurih sedikit manis dari santan kelapa. Didihkan dengan api kecil bersama dengan bahan isian agar bumbunya yang sederhana meresap benar.

Cabai hijau keriting akan memberi rasa pedas yang lebih nendang. Tambahkan cabai rawit merah jika suka rasa lebih menyengat. Pilih tempe yang bagus kualitasnya agar rasa sayur ini lebih gurih mantap.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Lombok Ijo dan Ayam Bumbu Srepeh

2. Ayam Bumbu Srepeh

Ayam kampung yang muda atau ayam pejantan cocok dibuat masakan ini. Potong menjadi 8 bagian atau 12 bagian agar lebih cepat lunak dan mudah dimakan. Jika memakai ayam negeri, buang dulu lemak berlebihan agar masakan tak terlalu berminyak.

Bumbu utama ayam ini cabai merah besar. Pilih yang gendut dan segar. Buang bijinya jika tak suka rasa pedas menyengat. Rebus atau kukus hingga lunak bersama bawang merah dan bawang putih.

Sebaiknya jangan menghaluskan atau menumbuk cabai merah, bawang merah dan bawang putih terlalu halus. Ciri khas bumbu srepeh, gerusan cabai dan bawang yang kasar sehingga terasa renyah saat dimakan.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Lombok Ijo dan Ayam Bumbu Srepeh

3. Tahu Gimbal

Rahasia kelezatan Tahu Gimbal ini terletak pada tahu yang lembut dan gurih. Pilih tahu China yang berkuailitas bagus, kokoh tetapi lembut teksturnya. Jangan terlalu kering saat menggoreng agar mendapatkan rasa lembut tahunya.

Untuk gimbalnya gunaka udang ukuran kecil, dan buat adonan agak kental. Goreng melebar di dalam wajan dan jangan terlalu banyak menaruh udang dalam adonan. Lalu goreng jangan terlalu kering agar mendapat tekstur renyah, empuk dan gurih.

Saus kacang yang mementukan citarasa tahu gimbal. Sangrai atau goreng kacang tidak terlalu matang atau gosong agar rasa alami kacang terasa kuat. Gerus halus bersama cabai dan bawang putih.

SUMBER: Detik.com