Waduh! Malware Android Ini Kebal Meski Sudah di-Factory Reset

LIGAPEDIA – Waspada, ada salah satu malware Android yang menyulitkan yang disebut dengan xHelper. Malware ini ditemukan pada 2019 oleh spesialis cybersecurity Malwarebytes.
Yang menyebalkan, malware ini tetap kekeuh meski ponsel sudah di-factory reset.

xHelper pun berada di puncak panel deteksi Malwarebytes, dengan lebih dari 33.000 instalasi. Laporan terbaru terjadi pada Januari 2020 di mana korban telah mencoba me-reset ponselnya tetapi tidak berpengaruh.

Untuk menghilangkan xHelper, ia menghapus dua varian malware tapi malware itu kembali dalam satu jam. Jadi, dia memutuskan untuk melakukan reset pabrik dari perangkatnya meskipun pada akhirnya tidak berhasil juga.

Peneliti Malwarebytes akhirnya mengidentifikasi sumber untuk infeksi berulang ini. Ditemukan folder di telepon yang berisi file yang mencurigakan. Tim juga menemukan APK com.mufc.umbtts directory. APK ini yang kemudian menginstal xHelper pada smartphone secara ajaib.

Nah, untuk menghilangkan malware, pengguna perlu menghapus beberapa direktori dan file dan menonaktifkan Google Play terlebih dahulu. Masalahnya file yang ada sering berbeda-beda dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Hmm… jadi harus ekstra teliti ya, detikers.

SUMBER: Detik.com