Pemerintah Puerto Rico Rugi Rp 35 Miliar Kena Email Penipuan

LIGAPEDIA – Pemerintahan Puerto Rico kehilangan USD 2,6 juta atau sekitar Rp 35 miliar gara-gara tertipu oleh sebuah email.
Kejadian ini bermula saat sebuah badan pemerintahan di Puerto Rico mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening pada 17 Januari lalu. Rupanya rekening ini adalah rekening milik penipu, yang sebelumnya mengirimkan email ke badan pemerintahan bernama Industrial Development Company.

Dalam email tersebut seolah-olah menyatakan adanya perubahan nomor rekening yang dipakai untuk pembayaran. Setelah itulah, menurut Ruben Rivera, Direktur Finansial di badan tersebut, mereka langsung mentransfer uang sebesar USD 2,6 juta.

Baru minggu ini mereka menyadari kalau ternyata mereka menjadi korban penipuan. Mereka pun langsung melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib.

Pemerintah Puerto Rico pun bekerja sama dengan Biro Investigasi Federal milik Amerika Serikat (FBI) untuk menginvestigasi penipuan ini dan mengembalikan dana tersebut, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (16/2/2020).

“Ini adalah situasi yang sangat serius. Kami menginginkan hal ini diinvestigasi sampai selesai,” ujar Manuel Laboy, direktur eksekutif Industrial Development Company.

Laboy mengaku pihaknya masih melakukan investigasi internal untuk mencari tahu pegawainya yang ceroboh sehingga kejadian ini bisa terjadi.

SUMBER: Detik.com