WN China Positif COVID-19 Terlacak Menginap di Bali, Dokter Imbau Jangan Panik

LIGAPEDIA – Hingga saat ini, Bali masih heboh diperbincangkan terkait WN China yang positif terkena COVID-19. Meskipun belum diketahui pasti apa dia positif terkena saat di Bali atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak KKP mengenai tempat yang berhasil dilacak sebagai hotel penginapan WN China tersebut.

“Tapi kan kalau itu sebenarnya bisa dilihat dari jumlah kasus yang ada di Bali kalau memang benar ya membawa virus, ketakutan kita kan memang ini membawa virus, kan gitu, kalau membawa virus kan berarti memang ada yang tertular, ya kan,” jawabnya.

“Dan sampai saat ini nggak ada yang tertular. Kesimpulannya apa, jadi sampai detik ini nggak ada yang tertular dan nggak ada yang melapor sebagai yang mengalami gejala-gejala corona,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, dr Adria Rusli, SpP(K), mengatakan kalau sampai tidak terinfeksi di Bali berarti masih aman.

“Kalau tidak terinfeksi di Bali, berarti aman. Kan belum sakit, jadi belum menularkan,” ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (14/2).

Untuk masyarakat di sekitarnya, dr Adria menyarankan untuk tidak panik. Tapi, harus tetap waspada terhadap gejala yang mungkin saja muncul.

“Jangan panik. Beraktivitaslah seperti biasa. Makan yang baik dan istirahat yang cukup. Jika ada gejala batuk atau sesak, cepat berobat ke fasilitas kesehatan terdekat,” tambahnya.

SUMBER: Detik.com