Enak Nih! Seblak Mewek Buruan Kawula Muda Garut

LIGAPEDIA – Seblak, makanan yang terbilang baru dari tatar Pasundan ini langsung jadi idola masyarakat khususnya kaum hawa. Di Garut, ada seblak hit yang jadi primadona kawula muda. Seblak Mewek namanya.

Jajanan ini berlokasi di Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempatnya tidak jauh dari kampus utama Universitas Garut.

Seblak Mewek merupakan sebuah merek dagang yang dimiliki oleh seorang mahasiswa bernama Novi Hidayati (22). Seblak Mewek terkenal dengan cita-rasanya yang pedas. Disebut mewek, lantaran konsumen dijamin menangis saat memakan seblak ini karena rasa pedas dan gurihnya.

Sedap! Nih Seblak Mewek Buruan Kawula Muda Garut
Seblak Mewek di Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)

Sekilas, bila dilihat, seblak mewek sama dengan seblak-seblak lain yang banyak dijual. Yang membedakannya, hanya kuah berwarna merah nan menggoda.

“Seblak mewek punya cita-rasa yang khas. Terutama dari kuah yang dibuat dari racikan rempah,” ujar Novi saat berbincang dengan detikcom di lapak Seblak Mewek, beberapa waktu lalu.

Mulanya, seblak hanya olahan kerupuk yang direbus menggunakan air mendidih dan dimasak dengan bumbu dan sayuran. Namun, saat ini olahan seblak terus berkembang.

Di Seblak Mewek, menu yang ditampilkan bervariatif. Mulai dari kerupuk, mi instan, telur, hingga tahu kering. Semuanya bisa dicampur sesuai selera.

Seblak mewek kini jadi primadona kawula muda Garut khususnya mahasiswa-mahasiswi yang berkuliah di Uniga. Warung seblak mewek kerap penuh saat jam-jam istirahat.

Enak! Nih Seblak Mewek Buruan Kawula Muda Garut
Seblak Mewek terkenal dengan cita-rasanya yang pedasFoto: Hakim Ghani

Salah satu mahasiswa, Roni Kurniawan (21), mengatakan, dia dan kawan-kawan kerap menghabiskan waktu istirahat kuliah di warung Seblak Mewek. Roni menilai seblak mewek pas di kantong dan di lidah.

“Rasanya cukup enak, pas di lidah. Selain itu lumayan murah juga, pas di kantong anak kosan,” kata Roni.

Seporsi seblak mewek dihargai Rp 10-25 ribu, tergantung banyak item seblak yang dipilih. Selain di Garut, seblak mewek juga sudah tersedia di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bekasi.

SUMBER: Detik.com