Ahmad Dhani Buka-bukaan soal Dewa 19 dan Band Populer Indonesia

LIGAPEDIA – Lewat vlog-nya, musisi Ahmad Dhani bicara terus terang tentang kisah sukses yang membuat nama grup band Dewa 19 bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Dirangkum Kompas.com, berikut petikan penjelasan Ahmad Dhani, seperti dikutip dari video berjudul “VIRALL!!! AHMAD DHANI : Inilah perbedaan DEWA 19 dengan band-band Indonesia lainnya”

Bandingkan band-band papan atas Indonesia

Menurut Dhani, banyak orang yang tidak menyadari perbedaan tersebut. Yang pertama, Dhani membandingkan Dewa 19 dengan PADI.

“Misalkan Dewa 19 dengan PADI. PADI itu enggak punya pemain keyboard. Misalnya juga perbedaan Dewa 19 dengan Sheila on 7. Sheila on 7 itu enggak punya pemain keyboard,” kata Dhani.

“Jadi bisa dipastikan soal sound dan lain-lainnya lebih kaya band yang punya pemain keyboard. Rumusnya kira-kira seperti itu,” sambung Dhani.

Namun lain cerita ketika itu berbicara tentang Kahitna. Meski memiliki pemain piano seperti Yovie, Kahitna tetap memiliki hal berbeda dengan Dewa 19.

“Yovie Widianto itu pemain piano. Dia bukan pemain synthesizer. Sedangkan di Dewa 19 itu mostly synthesizer, mostly electronic,” kata Dhani.

Tak ingin dianggap terhebat

Meski membandingkan dengan band-band papan atas Indonesia, Dhani tak ingin dicap sebagai orang yang merasa lebih hebat dari band lainnya yang ada di Indonesia.

Dhani hanya mencoba memberi gambaran tentang perbedaan mencolok antara band-band tersebut dengan Dewa 19.

“Saya hanya menerangkan dari sisi sound berbeda, karena akan lebih kedengaran elektronik Dewa 19 dengan adanya pemain keyboard, synthesizer, dan programmer,” kata Dhani.

Dewa 19 harusnya merasa beruntung

Ahmad Dhani merasa seharusnya Dewa 19 merasa beruntung memiliki dirinya, seorang kibordis yang juga memiliki kemampuan berbeda dari yang lain.

Menurut Dhani, band-band seperti PADI, Sheila on 7, Slank, Kahitna, memang bukan band sequencer.

Sementara Dewa 19, keberadaannya sebagai pemain keyboard membuat Dewa 19 berbeda dari band-band papan atas di Indonesia.

“Dari empat band terkenal yang saya sebutkan tadi, mereka tidak memiliki pemain keyboard. Maka dari itu, Dewa 19 beruntung memiliki pemain keyboard seperti saya,” ujar Dhani.

Lagu ciptaan Andra sang gitaris

Menurut Ahmad Dhani, banyak orang tak menyadari bahwa banyak lagu Dewa 19 merupakan ciptaan Andra.

“Orang pikir pasti (ciptaan saya), karena drum loop-nya kuat, seperti (lagu) ‘Separuh Nafas’,” ujar Dhani.

Dhani lantas memberi contoh lagu “Separuh Nafas” yang merupakan ciptaan Andra, dan Dhani hanya berperan untuk menulis lirik lagu.

“Orang enggak bakal menyangka kalau ‘Separuh Nafas’ itu adalah sebuah lagu yang dikarang seorang gitaris,” ucap musisi kelahiran Surabaya itu.

SUMBER: Kompas.com