MotoGP Thailand Berpotensi Ditunda karena Virus Corona

LIGAPEDIA – Ancaman virus corona turut menjadi perhatian penyelenggara MotoGP, Dorna. MotoGP Thailand yang dijadwalkan digelar akhir Maret berpotensi ditunda.

Ancaman virus corona sebelumnya sudah memaksa Federation Internationale de l’Automobile (FIA) untuk menunda GP Formula 1 China, yang sedianya digelar 19 April. Ini menjadi langkah yang logis mengingat China mengalami pukulan paling besar dalam kasus virus ini, yang memang muncul di salah satu provinsinya, Hubei.

Sampai Kamis (13/2/2020) kemarin, virus corona yang telah menyebar ke berbagai negara sudah memakan korban hingga 1.363 orang. Secara global, angka kasus yang terkonfirmasi mendekati 60 ribu.

Dorna selaku penyelenggara MotoGP mulai menimbang untuk menunda MotoGP Thailand yang dijadwalkan digelar pada 22 Maret. Sebab secara jarak, Thailand relatif tak terlalu jauh dari China.

Pagelaran di Thailand niscaya bakal memancing hadirnya pengunjung dari berbagai negara, yang membuat risiko penyebaran virus corona semakin besar. Dorna pun sudah berkomunikasi dengan pemerintah Thailand dan menggali informasi, sebelum nantinya mengambil keputusan.

“Kami akan pergi ke Qatar dengan aman dan tepat jadwal karena mereka sudah menjamin bahwa situasinya tidak akan berbahaya, tapi untuk Thailand, yang mana lebih dekat dengan epidemi, kami sudah meminta informasi dan pemerintah dan menunggu jawaban,” ungkap CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dikutip GPOne.

“Keputusan kami akan bergantung pada apa jawaban mereka karena keamanan selalu menjadi perhatian pertama kami dan kalau kami tak bisa balapan di sana pada bulan Maret, kami akan mencari waktu lain. Kami sedang menunggu jawaban dalam beberapa hari, sebelum menuju ke Qatar,” imbuhnya.

Qatar akan membuka rangkaian balapan MotoGP 2020 pada 8 Maret mendatang. Thailand adalah seri kedua setelah MotoGP Qatar dalam kalender saat ini.

SUMBER: Detik.com