Gara-gara Virus Corona, Harga Durian Musang King Turun Drastis

LIGAPEDIA – Durian Musang King juga populer di China hingga diekspor dengan harga tinggi. Namun karena virus corona mewabah, harga durian turun drastis di Malaysia.

Durian Musang King merupakan durian Malaysia yang tergolong varietas unggulan. Ciri khasnya terdapat pada daging durian yang tebal, rasa manis, legit, serta warna kuning yang cukup pekat.

Durian Musang King juga dikenal dengan nama Mao Shan Wang yang artinya rasa kucing. Durian ini memiliki harga yang sangat tinggi, bisa mencapai S$18 – S$20 per kilogram atau senilai Rp. 177.867 – Rp. 197.430 untuk tiap kilogramnya.

Gara-gara Virus Corona, Harga Durian Musang King Turun Drastis
Durian Musang King Foto: Istimewa

Dilansir dari Must Share News (7/2), harga durian Musang King kini turun sangat drastis. Menurut seorang petani durian di Malaysia bernama Andy Tan, harga durian Musang King sekarang lebih murah hingga 50% dari harga awal.

Hal ini karena petani durian Musang King mengalami hambatan ekspor ke China. Biasanya durian ini dikirim ke Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Qingdao.

Gara-gara Virus Corona, Harga Durian Musang King Turun Drastis
Virus Corona Foto: Istimewa

Sebelumnya permintaan ekspor tersebut berjalan lancar, namun karena virus corona yang mewabah membuat durian tersebut tidak terjual ke China. Ekspor sudah dihentikan selama 2 minggu karena banyak orang China dikarantina. Akhirnya durian dijual di dalam negeri dengan harga murah.

Harga durian Musang King sekarang S$10 atau jika dirupiahkan senilai dengan Rp. 98.715 per kilogram. Harga ini bisa dibilang sangat terjangkau setelah masa ekspor dihentikan.

SUMBER: Detik.com