Teh Anget Vs Es Teh, Mana yang Lebih Baik?

LIGAPEDIA – Siapa sih yang nggak kenal teh, salah satu minuman yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Teh bisa membuat tubuh rileks dan jauh dari stres.

Sebagian orang biasa memulai harinya dengan minum segelas teh hangat. Tapi, ada juga yang lebih suka es teh yang disajikan secara dingin saat cuaca panas.

Tapi, di antara keduanya mana ya yang lebih baik untuk tubuh?

Dikutip dari Times of India, apapun jenis tehnya lebih baik disajikan secara dingin. Hal ini bisa mempengaruhi kandungan antioksidan yang dimiliki teh tersebut.

Saat teh disajikan hangat atau panas, zat antioksidan yang masuk ke dalam tubuh akan menurun. Apalagi saat teh dibiarkan dalam waktu yang lama dalam keadaan tersebut.

Teh panas atau hangat secara berlebihan juga dikaitkan dengan kanker. Sebuah penelitian pada 2018 lalu membuktikan bisa meningkatkan risiko kanker. Hal ini akan berpengaruh lebih tinggi pada orang yang merokok dan biasa minum alkohol.

Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer pada 2019 juga mengungkapkan terlalu banyak minum teh panas bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Dalam hal ini, minum teh yang dingin atau dengan es dipercaya lebih baik, apalagi tanpa pemanis atau gula. Hal ini bermanfaat untuk penderita hipertensi, mengurangi berat badan, dan baik untuk orang yang memiliki masalah jantung atau kardiovaskular.

Manfaat lainnya, teh yang dingin tidak menurunkan kadar antioksidannya. Selain itu, bisa memaksimalkan senyawa lain yang ada di dalam teh seperti asam galat dan epigallocatechin gallate yang bisa mencegah kanker.

SUMBER: Detik.com