Desain Sirkuit Monas Diumumkan Setelah Disetujui Formula E

LIGAPEDIA – Ajang balap mobil listrik Formula E kembali mendapat persetujuan untuk digelar di sekitar Monas, Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan desain lintasan Formula E.

Rencana lintasan Formula E tersebut tertuang dalam surat Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta bernomor 61/-1.857.23. Surat bertanggal 11 Februari tersebut ditandatangani oleh Anies Baswedan dan ditujukan pada Menteri Sekretaris Negara.

Dalam lampiran suratnya, terlihat sirkuit Formula E melewati bagian dalam Monas. Terlihat sirkuit menggunakan trek lurus panjang di Jalan Merdeka Selatan. Lalu berbelok ke kanan masuk area silang Monas dekat patung Arjuna Wijaya. Di area silang monas sepertinya akan dilakukan modifikasi trek sehingga mobil Formula E bisa berputar balik di dalamnya. Dari sisi selatan silang monas, mobil diarahkan ke luar kembali ke Merdeka Selatan.

Gambaran desain sirkuit Formula E Jakarta.
Gambaran desain sirkuit Formula E Jakarta, tetap masuk Monas. Foto: ist.

Meski layout sirkuit Formula E sudah diajukan ke Menteri Sekretaris Negara, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastrtuktur penjamuan balap mobil listrik Formula E belum mau berkomentar. Deputy Director Communications Formula E JakPro, Hilbram Dunar, menyebut pihaknya akan segera mengumumkan desain sirkuit Formula E.

“Dalam waktu dekat akan kami umumkan desain sirkuitnya. Sabar ya,” kata Hilbram saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (12/2/2020).

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto dalam keterangan tertulis, mengatakan pengumuman lokasi akan dilakukan sesegera mungkin.

“Pengumuman lokasi sirkuit pengganti akan dilakukan setelah disetujui oleh FEO (Formula E Operations) dan FIA selaku partner penyelenggaraan Formula E Jakarta,” kata Dwi beberapa waktu lalu.

SUMBER: Detik.com