Klausul Kontrak Unik Klopp di Liverpool

Jakarta, CNN Indonesia — Jurgen Klopp disebut punya sejumlah klausul kontrak istimewa di Liverpool. Salah satunya adalah pasal khusus terkait repatriasi atau pemulangan kembali ke negaranya, Jerman.

Dilansir dari Independent, Liverpool akan membantu menanggung seluruh biaya pindahan Klopp dari Inggris ke Jerman jika kontraknya di klub itu berakhir.

Klausul ini terbilang istimewa karena biasanya si pelatih asing yang menanggung sendiri kepindahan kembali ke negara mereka. Sementara pihak klub lepas tangan begitu kontrak telah selesai.

Upaya untuk mengurus segala macam kepindahan ini pun terbilang bukan perkara mudah bagi mereka yang bekerja sesuai dengan visa kerja. Setelah pemutusan hubungan kerja, ada tenggang 60 hari untuk kembali.

Jurgen Klopp diambang juara Liga Inggris bersama Liverpool. (Jurgen Klopp diambang juara Liga Inggris bersama Liverpool. (AP Photo/Jon Super)
Proses kepindahan kembali termasuk membawa barang-barang tentu butuh biaya yang besar. Klub pun biasanya tak mau menanggung proses yang terbilang mahal dan rumit.

Belum lagi sang pelatih asing itu harus mencari lagi tempat tinggal di negara yang sudah lama ditinggalkan misalnya. Itu termasuk pula mencarikan kembali sekolah untuk anak-anak mereka.

Lihat juga: Meraup Rp3 Triliun, Chelsea Klub Paling Untung di Dunia
Tak jarang pula pelatih asing yang diputus atau habis masa kontraknya, terpaksa mencari klub-klub yang lebih rendah dari sebelumnya. Dengan demikian mereka masih bisa bertahan di negara itu sembari mempersiapkan proses kepindahan ke negara asal.

Jika tak kunjung dapat klub, sang pelatih biasanya yang kembali ke negara asal untuk mengurusi lagi kepindahan sementara keluarga sementara di sana selama 60 hari.

Klausul Kontrak Unik Klopp di Liverpool
Sementara itu, klausul khusus dalam kontrak Klopp di Liverpool ini membuatnya mempermudahkan proses repatriasi. Pihak klub bahkan yang membantu seluruh proses meski kontraknya habis.

Klausul dalam kontrak Klopp bisa dibilang tidak lazim di sepak bola profesional. Biasanya pihak klub tak ambil pusing soal kepindahan kembali sang pelatih ke negaranya juga masa ikatan kerja sudah selesai.

Klopp sendiri baru menandatangani perpanjangan kontrak pada Desember lalu. Dalam kontrak barunya, mantan pelatih Borussia Dortmund itu bakal bersama The Reds hingga 30 Juni 2024.

sumber : cnnindonesia.com