Bagaimana Penampilanmu Usai Cedera Bahu, Marquez?

LIGAPEDIA – Marc Marquez turun dalam tes MotoGP Malaysia, dalam kondisi baru pulih dari cedera bahu. Bagaimana penampilan The Baby Alien?

Marquez sempat menjalani operasi cedera bahu kanan untuk kedua kalinya, setelah yang pertama tahun lalu. Juara bertahan MotoGP itu harus melewatkan 250 jam pemulihan, sejak dioperasi pada 27 November 2019.

Hari pertama tes MotoGP Malaysia di Sirkuit Internasional Sepang, Jumat (7/2/2020), menjadi momen Marquez kembali menunggangi motor. Pebalap Repsol Honda itu membuat 37 putaran dengan Hond RC213V dan menempati urutan ke-12–terpaut 0,73 detik dari rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo.

Usai tes, Marquez mengungkap kondisinya. Ia mengaku masih belum optimal sebab otot-otot bahunya masih belum fit total.

“Sangatlah berbeda. Dibanding tahun lalu, saya merasa lebih sakit tapi lebih bertenaga. Tahun ini, tidak terlalu sakit, tapi tenaga juga berkurang. Saya sudah memprediksinya, sebab salah satu otot penting di bahu masih belum sempurna, dan saya sudah tahu sebelum membalap,” ujar Marquez, seperti dilansir Crash.

“Saat saya menaiki motor di putaran pertama, ini lebih buruk dari yang saya kira. Terutama memposisikan diri di atas motor, sulit menyentuh atau menggunakan sikut di tikungan. Baru kemudian pelan-pelan saya menggunakannya.”

“Saya memulai putaran pertama dengan tenaga yang baik, tapi ketika saya berhenti di dalam box kotak, setelah mencatat 1 menit 59 detik saya merasa seperti lebih melambat, pelan-pelan, harus bersabar,” jelasnya.

Marquez pun bertekad meningkatkan putarannya di hari kedua tes MotoGP Malaysia. Secara keseluruhan ia merasa baik, namun masalah otot di bahu saja yang sedikit menyulitkannya.

“Hari ini rencananya dikisaran 30-35 lap. Besok kami akan coba untuk 45, kemudian hari berikutnya kami lihat lagi,” ujar juara dunia 6 kali MotoGP itu.

“Saya merasa lebih baik dari tahun lalu. Masalahnya adalah otot membutuhkan waktu untuk membuatnya benar-benar pulih. Hanya dua minggu yang lalu tidak mungkin menaiki motor, kemudian mulai aktif sedikit dan itulah alasan saya di sini hari ini.”

“Ini semacam saraf yang tidak bekerja dengan cara yang benar. Itu semakin baik dan lebih baik. Kemudian otot akan menjadi lebih baik dan segera saya akan merasa lebih baik, semuanya, bisep, trisep,” jelasnya.

SUMBER: Detik.com