Terawan Belum Ngantor di Natuna, Kemenkes Minta Tak Dipersoalkan

LIGAPEDIA – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto tidak berada di Natuna sejak Senin (3/2). Terawan digantikan sementara oleh Dirjen Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Anung Sugihantono karena masih melakukan beberapa pertemuan untuk rapat di Jakarta.

“Representasi Menkes di Natuna adalah saya, Dirjen P2P. Karena tadi beliau masih ada rapat dengan Presiden. Saya sudah di Natuna. Nggak usah dipersoalkan lagi,” kata Anung ketika dihubungi, Rabu (5/2/2020).

Ketika ditanya kehadiran Terawan, Anung enggan menjawab. Dia memastikan keberadaannya di Natuna sudah mewakili Menkes Terawan. Anung mengatakan Terawan bisa setiap saat hadir ataupun kembali ke Jakarta.

“Ngapain nanya itu kan sudah jelas saya ada di sini. Beliau bisa setiap saat hadir dan atau kembali ke Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, keputusan Menkes akan membuka kantor di Natuna disampaikan usai rapat terbatas di bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdana Kusuma, Minggu (2/2/2020). Menkes berkantor sementara di lokasi observasi WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China.

“Menteri Kesehatan bersama dengan tim akan membuka kantor di Natuna,” kata Retno usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Terawan memastikan dirinya akan terus memantau kondisi kesehatan 238 WNI yang tengah menjalankan observasi di Natuna hingga kembali ke rumah masing-masing. Terawan mengatakan bertanggung jawab atas semuanya.

“Saya tetap ngantor di sana (Natuna). Kan sampai mereka (238 WNI) kembali (pulang ke rumah),” kata Terawan di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

“Pertimbangannya adalah tanggung jawab. Saya bertanggung jawab sebagai Menteri Kesehatan. Mulai dari penyiapan sampai kedatangan saya ada di sana,” lanjutnya.

Namun sejak Senin (4/2), Terawan rapat bersama DPR di Jakarta. Dalam rapat itu, Terawan melaporkan terkait observasi WNI di Natuna. Sementara Selasa (5/2), Terawan dipanggil Menko Polhukam Mahfud Md.

SUMBER: Detik.com