Geber Yamaha Lagi, Lorenzo: Motor Tak Berubah Banyak

LIGAPEDIA – Setelah memutuskan pensiun dari balapan MotoGP, Jorge Lorenzo kembali ke tim Yamaha. Bedanya, kali ini Lorenzo tak menjadi pebalap yang memburu gelar juara, melainkan sebagai pebalap penguji Yamaha.

Lorenzo telah menjalani hari pertama pada MotoGP shakedown test, di Sirkuit Sepang dengan menunggangi Yamaha YZR-M1. Dia mengaku emosional karena telah lama tidak menggeber motor Yamaha lagi.

“Ini menjadi hari yang emosional. Karena setelah 3 tahun, saya kembali lagi ke Yamaha sebagai pebalap penguji tim. Mencoba lagi (motor) Yamaha membuat saya sangat senang datang ke sini,” kata Lorenzo dalam wawancara dengan MotoGP seperti pada video di laman resmi MotoGP.

“Dan di lap pertama sangat emosional. Saya melihat karakteristik motor tak berubah banyak,” katanya.

Dengan karakteristik yang tak banyak berubah, Lorenzo menilai itu menjadi hal yang positif. Motor M1 yang ia tunggangi disebut cukup kompetitif.

“Punya banyak potensi, saya telah menemukan beberapa hal untuk diberikan kepada teknisi untuk memperbaiki kelemahan,” ujarnya.

Lorenzo mengaku cukup senang kembali ke Yamaha. Apalagi, setelah cabut dari Yamaha, Lorenzo belum menjadi juara dunia.

“Saya tidak sesukses seperti dengan Yamaha dan belum pernah menjadi juara dengan merek lain. Dan (sekarang) kembali lagi dengan Yamaha dengan tugas yang berbeda. Tapi kurang lebih rasanyanya sama karena saya menyukai naik motor, dan saya tahu apa yang dilakukan tanpa merasakan perjuangan untuk menang. Tapi paling tidak, saya harus merasakan motornya untuk dilaporkan ke tim agar lebih kompetitif,” ujarnya.

MotoGP™@MotoGP

🤩
👊

Whoever thought we would see @lorenzo99 on a Yamaha once again?

The five-time World Champion stepped back aboard a YZR-M1 on Day 3 of the Sepang Shakedown! #MotoGP2.50322.31 – 4 Feb 2020Info dan privasi Iklan Twitter570 orang memperbincangkan tentang ini

Lorenzo musim lalu memutuskan menyudahi karier MotoGP-nya. Dia pensiun usai tampil sangat buruk di Repsol Honda, dengan gagal sekalipun finis di posisi 10 besar dalam 13 balapan yang diikuti.

Yamaha tentu saja bukan tim yang asing buat rider asal Spanyol berusia 32 tahun itu. Bersama Yamaha Lorenzo memulai kariernya di ajang MotoGP pada musim 2008. Memenangi tiga juara dunia MotoGP di sana, dia kemudian pindah ke Ducati pada 2017 dan kemudian memperkuat Repsol Honda di 2019.

Kehadiran Lorenzo diharapkan bisa membantu para insinyur Yamaha mengembangkan motor balap yang mumpuni untuk bersaing di musim 2020 ini.

SUMBER: Detik.com