Masak Apa Hari Ini : Soto Kikil dan Udang Kecombrang yang Wangi

LIGAPEDIA – Hidangan berkuah paling cocok dinikmati sebagai penghangat badan. Bumbu berempah membuat sajian udang jadi gurih renyah. Enak dimakan hangat.

Masakan yang itu-itu saja sering membuat keluarga bosan. Seperti soto, jika bosan dengan soto ayam dan daging bisa membuat soto kikil. Rasa kenyal lembut kikil enak dinikmati dengan kuah soto yang gurih berempah.

Demikian juga dengan udang. Kalau bosan udang tumis atau sambal goreng udang coba padukan dengan kecombrang atau honje. Rasa kecut dan aroma wangi kecombrang membuat udang semakin enak. Apalagi ditambah irisan cabai.

Tahu yang sederhana dan biasa digoreng saja bisa diolah jadi omelet tahu dengan paduan telur. Mudah dibuat dan praktis sebagai pilihan untuk santap malam yang ringan dan enak.

Beberapa pilihan menu dengan sentuhan bumbu dan bahan baru ini bisa jadi inspirasi menu keluarga hari ini.

Masak Apa Hari Ini : Soto Kikil dan Omelet Tahu yang Gurih

1. Soto kikil

Kulit sapi yang tipis maupun yang tebal bisa diolah menjadi soto berkuah kuning dan bening yang enak. Pilih kikil yang sudah dibersihkan dan rebus dengan air secukupnya hingga matang dan empuk.

Kikil di pasar seringkali direbus dengan bahan pemutih. Maka sebaiknya rebus sendiri. Untuk menghemat waktu jika ada bisa dipakai panci bertekanan atau pressure cooker. Aroma kikil yang tajam bisa dikurangi dengan menambahkan daun salam saat merebusnya.

Kikil yang tipis akan terasa kenyal lembut, sementara yang tebal dan besar sedikit lebih liat. Agar bumbu soto meresap rebus kikil bersama bumbu dengan api kecil hingga kikil menjadi kekuningan seperti kuah dan bumbunya.

Masak Apa Hari Ini : Soto Kikil dan Omelet Tahu yang Gurih

2. Udang Goreng Kecombrang

Rasa gurih kenyal udang sangat disukai banyak orang. Meskipun agak mahal tetapi udang bisa jadi pilihan lauk enak. Rasa gurihnya paling pas dipadukan dengan kecombrang yang asam segar.

Pilih udang jerbung atau udang tambak yang sedang atau agak kecil ukurannya. Pastikan udang sangat segar dengan kulit bening dan kepala yang masih lekat. Setelah dibumbui, goreng udang hingga agak kering.

Sementara untuk kecombrang pilih yang kuntumnya masih rapat dan berukuran sedang. Bunga kecombrang memberi aroma segar lemon jahe yang enak. Tetapi jika ingin lebih lembut bisa dipakai batang kecombrang yang masih kuncup. Rasa asam segarnya cocok dipadu dengan udang yang renyah.

Masak Apa Hari Ini : Soto Kikil dan Omelet Tahu yang Gurih

3. Omelet Tahu

Selama ada stok tahu di kulkas, setiap saat Anda bisa membuat sajian yang enak dan praktis. Bisa dibuat untuk sarapan atau makan malam. Isiannya tahu dan telur, dengan tambahan sedikit sayuran.

Sebagai sausnya sedikit kacang tanah, bawang putih dan cabai yang digerus halus lalu dicampur kecap. Tambahkan daun selada dan kacang tanah goreng agar makin istimewa rasanya.

Untuk mendapatkan rasa omelet yang pedas gurih ini, sebaiknya pakai tahu berkualitas baik. Bisa dipakai tahu putih yang lembut teksturnya atau egg tofu yang super lembut teksturnya dan gurih rasanya.

SUMBER: Detik.com