Viral Video Warga Wuhan Teriak Enggak Karuan, Ini Faktanya

LIGAPEDIA – Di media sosial beredar video yang disebut menunjukkan warga di Kota Wuhan berteriak-teriak enggak karuan. Alasannya karena rasa takut dan putus asa setelah diisolasi sekian lama akibat wabah virus corona.

Berikut kutipan narasi dari video yang viral:

Kota Wuhan sebagai titik awal penyebaran Virus Corona. Situasi dan keadaannya kian mengkhawatirkan terutama warganya.

Setelah sekian waktu diisolasi dan dikurung dalam kotanya sendiri, kecemasan dan rasa takut semakin kuat melanda mereka. Tingkat stres serta depresi melonjak drastis tak terbendung.

Video viral warga kota Wuhan sekarang ini membuktikan itu. Tertekan rasa takut dan putus asa mereka mulai bertindak aneh. Berteriak-teriak dan menjerit dari bangunan tempat tinggalnya.

Fenomena ini terjadi di banyak tempat wilayah kota Wuhan. Menunjukkan betapa tak cukupnya perhatian dan tindakan dari rezim komunis Cina pada mereka yang hidup di titik epidemi tersebut.

Dikutip dari China Global Television Network (CGTN), faktanya video tersebut menunjukkan momen ketika warga Wuhan saling menguatkan. Warga Wuhan sahut menyahut meneriakkan kata-kata penyemangat ‘Wuhan jiayou!’ yang memecah keheningan malam.

Menurut John D. Van Fleet, dosen dari Shanghai Jiao Tong University, teriakan “Wuhan jiayou!” bisa diartikan seperti “ayo Wuhan!” atau “Wuhan tetap kuat”.

Ratih Zulhaqqi, MPsi, psikolog dari RaQQi – Human Development & Learning Centre mengatakan butuh empati yang kuat untuk bisa sekompak itu. Kekompakan seperti ditunjukkan warga Wuhan tidak akan muncul kalau masing-masing hanya memikirkan dirinya sendiri.

“Mungkin juga meningkatkan motivasi untuk terus berpikir positif bahwa senegatif apapun kondisinya, percaya saja kalau hidup dan mati itu ada di tangan Tuhan,” kata Ratih pada detikcom beberapa waktu lalu.

SUMBER : Detik.com