Virus Corona Darurat Global, Hikmahanto Cabut Bebas Visa Bagi China

LIGAPEDIA – World Health Organizitation (WHO/Organisasi Kesehatan Dunia) telah menetapkan status darurat global terkait wabah virus corona di China. Konsekuensinya setiap pemerintahan, termasuk Indonesia, sudah tidak lagi bisa menangani penyebaran virus Corona sebagai hal biasa.

Salah satunya, Pemerintah Indonesia harus menyikapi serius, salah satunya dengan mencabut bebas visa bagi China.

“Kementerian Hukum dan HAM harus segera mengusulkan kepada Presiden agar untuk sementara mencabut visa bebas bagi warga China yang berkunjung ke Indonesia,” kata Guru Besar UI, Prof Hikmahanto Juwana, kepada wartawan, Jumat (31/1/2020).

Menurut pakar hukum internasional itu, Presiden perlu segera melakukan rapat kabinet darurat dengan agenda paparan para menteri dalam kesiagaan Indonesia menghadapi penyebaran virus Corona.

“Para menteri yang bertanggung jawab di bidang ekonomi pun perlu memaparkan langkah-langkah untuk penyelamatan perekonomian Indonesia. Pernyataan WHO terkait Virus Corona sudah dapat dipastikan akan berdampak pada pelambatan ekonomi dunia,” ujar Hikmahanto.

Protokol situasi darurat di Kementerian Kesehatan dan Dinas-dinas Kesehatan di berbagai daerah harus dimulai. Daerah yang kerap didatangi oleh turis Wuhan harus mulai mengidentifikasi warga Indonesia yang melakukan kontak dengan mereka dan mengalami gejala flu batuk.

“Kemenlu dan TNI perlu untuk segera melakukan evakuasi terhadap warga Indonesia di Wuhan dan berbagai wilayah di China yang ingin kembali ke tanah air. Kominfo pun perlu untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Corona,” pungkasnya.

SUMBER : Detik.com