Kemlu: Pemerintah Terus Matangkan Opsi Keluarkan WNI dari Hubei China

LIGAPEDIA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan pemerintah terus mematangkan opsi mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. Wilayah tersebut masih terisolasi terkait wabah virus Corona.

“Benar apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa Provinsi Hubei masih diisolasi. Sementara status isolasi berlangsung, pemerintah terus mematangkan opsi mengeluarkan WNI kita dari sana seraya memastikan kesiapan tim yang nantinya akan bertugas,” kata Plt Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah, kepada wartawan, Rabu (29/1/2020).

Faizasyah mengatakan kesiapan tim yang akan melakukan evakuasi terus dipastikan. Sementara itu, penyaluran logistik untuk WNI yang tertahan di Wuhan masih berjalan.

“Penyalurannya berjalan,” ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widowo (Jokowi) menyebut beberapa kota di China, seperti Wuhan, masih diisolasi terkait wabah virus Corona. Pemerintah Indonesia sudah memiliki opsi untuk mengevakuasi WNI yang berada di sana.

“Yang berkaitan dengan evakuasi WNI kita yang ada di Wuhan dan 15 kota lain, tentu saja pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi, tetapi sekali lagi, kota-kota itu masih dikunci,” kata Jokowi di Puskesmas Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1).

Untuk saat ini, Jokowi mengatakan pemerintah intens berkomunikasi dengan WNI yang berada di Wuhan dan sekitarnya. Pemerintah juga mencari solusi untuk mengirimkan bantuan logistik.

“Tetapi yang paling penting komunikasi antara KBRI dan mahasiswa dan masyarakat yang ada di sana selalu terjalin dengan baik. Ini nanti mungkin dalam 4-5 hari baru urusan logistik yang akan dicarikan solusinya,” ujar Jokowi.

SUMBER : Detik.com