Drama VAR di Duel Perdana Wolves vs Liverpool

Jakarta, CNN Indonesia — Duel perdana Wolverhampton Wanderers lawan Liverpool pada Liga Inggris musim ini yang berlangsung di Anfield diwarnai oleh dua keputusan penting yang diambil lewat bantuan VAR.

VAR mengambil porsi besar saat Liverpool menjamu Wolves pada paruh pertama Liga Inggris di Stadion Anfield. Bahkan, kemenangan The Reds juga ditentukan lewat tayangan ulang VAR.

Tim yang diasuh Jurgen Klopp memastikan tiga poin berkat gol tunggal Sadio Mane pada menit ke-42. Penyerang sayap asal Senegal membobol gawang Rui Patricio usai menerima umpan menggunakan dada dari Adam Lallana.

Namun, gol ini tidak langsung disahkan wasit Anthony Taylor. Sang pengadil harus menunggu keputusan dari tim wasit yang mengamati VAR karena Lallana sempat dianggap hand ball saat mengontrol bola umpan dari Virgil van Dijk.

Liverpool Dilarang Bertumpu pada VAR Lawan WolvesLiverpool kokoh di puncak klasemen Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)
Setelah gol Mane disahkan, Wolverhampton sebenarnya bisa mencetak gol balasan melalui Pedro Neto pada masa injury time babak pertama. Hanya saja gol ini kemudian dibatalkan oleh wasit karena ada pemain tim tamu yang terperangkap off side sebelum gol terjadi.

Dari tayangan ulang VAR tampak bagian lengan bek sayap Wolverhampton, Jonny Castro berada sedikit di depan pemain terakhir di pertahanan Liverpool. Hal itu pula yang membuat Taylor menganulir gol Wolves.

Liverpool sendiri cukup sering diuntungkan VAR. Tim kota pelabuhan empat kali merasakan keuntungan dari penggunaan VAR di musim ini.

sumber : cnnindonesia.com